Buruan Trik Terbaru Agar Dalgona Coffee Cepat Mengembang dan Nikmat

Bangmamad.com - Sudah coba membuat dalgona coffee? Ada banyak tips dan cara membuat dalgona coffee. Bagian paling seru dari membuat dalgona coffee adalah memastikan kopi dikocok sedemikian rupa agar mengembang sehingga teksturnya seperti busa dan kaku.

Biasanya, perlu waktu yang lama untuk membuat kopi mengembang. Paling mudah adalah mengocoknya dengan alat mixer. 

sumber : instagram @marcelies

Namun, Corporate Chef Parador Hotels & Resorts Gatot Susanto membagikan tips supaya foam kopi mengembang sempurna tanpa perlu mixer dan tidak memakan waktu lama. 


Ia bagikan tips saat Live Instagram Kompas.com Travel bersama Atria Hotel Gading Serpong pada sesi Jumat, (17/4/2020) pukul 15.00 WIB.

Pakai kopi instan dan gula

Chef Gatot menuturkan tidak masalah jenis kopi apa yang dipakai, karena yang terpenting adalah harus memakai bubuk kopi instan kristal. Jenis kopi instan ini tidak meninggalkan ampas ketika diseduh.

“Jangan kopi yang mix, jangan kopi blend, jangan yang berampas juga,” tambahnya.

Jadi, hindari kopi hasil giling biji kopi ataupun kopi sachet yang sudah dicampur krimer dan gula. Lalu gunakan gula pasir.

Selain gula biasa, bisa juga memakai gula aren. Ia tidak menyarankan penggunaan kental manis. Jadi gunakan susu segar atau full cream. 

Pakai es batu

sumber : instagram @drpamela.rd

Perlu dua baskom untuk mengaduk kopi. Baskom pertama diberi es batu. Lalu taruh baskom kedua di atas es batu. Bahan-bahan seperti kopi, gula, dan air panas, kemudian ditaruh di baskom kedua. Setelah itu, kopi barulah diaduk. 

“Sebaiknya harus pake es batu di bawah saat mengaduk biar cepat, karena terpengaruh dari temparatur suhu yang dingin dan bisa cepat membuatnya mengental,” jelas Chef Gatot. 

Prinsip kerjanya sama dengan saat membuat whipped cream. Saat membuat whipped cream maka cooking cream akan diaduk dalam wadah yang di bawahnya terdapat es batu. Hal sama juga akan membuat kopi cepat mengembang. 

Pakai baskom stainless steel

Saat mengocok kopi, gula, dan air panas, gunakan wadah yang terbuat dari aluminium atau stainless steel. Bisa gunakan baskom yang terbuat dari stainless steel.
Bahan-bahan ditaruh di wadah ini lalu kocok menggunakan whisk. Bisa juga dengan garpu atau sendok. Wadah dari stainless steel dapat menghantarkan suhu dingin dari es batu. 

Pada Live Instagram Kompas.com Travel bersama Atria Hotel Gading Serpong dalam sesi di @kompas.travel Jumat, (17/4/2020) pukul 15.00 WIB membahan tips dan resep makanan.

Chef Gatot Susanto mempratikkan bagaimana cara memasak Kerapu Sambal Matah dan membuat Dalgona Green Coffee.

Selain itu, penonton juga bisa bertanya mengenai teknik memasak kepada Chef Gatot yang sudah berpengalaman di dunia kuliner selama lebih dari 25 tahun.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pakai Es Batu, Trik Bikin Dalgona Coffee Cepat Mengembang"
Penulis : Yana Gabriella Wijaya
Editor : Ni Luh Made Pertiwi F.

1 comment for "Buruan Trik Terbaru Agar Dalgona Coffee Cepat Mengembang dan Nikmat"

Post a Comment

Berlangganan via Email