Beginilah 4 Teori Masuknya Islam Ke Nusantara

Bangmamad.com - Squad, kembali lagi di sesi belajar IPS yang berhubungan dengan sejarah. Semoga tidak bosan dan tetap rajin belajar di tengah pandemi Covid-19 yang semakin hari semakin dekat dengan kita.

sumber : https://www.matamatapolitik.com/

Sekedar bercerita, penyebaran virus ini benar-benar sudah luar biasa. Bahkan, salah satu teman Bang Mamad sudah dinyatakan positif tertular virus covin-19 dan saat ini sedang dirawat di rumah sakit. Untuk itu tetap waspada dan lakukan isolasi diri di rumah saja ya sampai situasi benar-benar aman.

Kali ini kita akan membahas berkaitan dengan teori masuknya Agama Islam Ke Indonesia. FYI, Negara kita Indonesia adalah negara dengan penduduk yang beragama islam terbesar di dunia.

Sebelum menjadi agama terbesar yang diyakini oleh rakyat Indonesia, Islam merupakan salah satu agama yang diyakini datang melalui jalur pedagang yang singgah di Nusantara Squad. Lalu, timbul pertanyaan, bagaimana ya asal muasal Islam masuk ke wilayah Nusantara? 

Secara umum ahli sejarah menuliskan setidaknya ada 4 teori bagaimana proses masuknya Islam ke Nusantara. Tiap teori dikemukan melalui rentan waktu yang berbeda-beda. Ada teori yang menyatakan abad ke 7, serta ada pula teori yang menyatakan abad ke 13. 

Nah bagaiman penjelasan teori-teori yang dimaksud?. Yuk disimak berkaitan dengan teori masuknya islam ke Nusantara berikut ini :

1. Teori Gujarat 

sumber : sabdakhairus.blogspot.com

Secara teoritis, teori ini menyatakan bahwa agama serta kebudayaan Islam diperoleh dari interaksi dengan pedagang dari daerah Gujarat, India yang berlayar melewati selat Malaka dan singgah di bumi Nusantara.

Dalam teori ini dijelaskan bahwa kedatangan Islam ke Nusantara berkisar pada abad ke 13, melalui kontak para pedagang dan kerajaan Samudera Pasai yang saat itu berkuasa atas wilayah selat Malaka pada saat itu. Salah satu yang memperkuat teori ini adalah penemuan makam Sultan Samudera Pasai, Malik As-Saleh pada tahun 1297 yang bercorak Gujarat. 

Cristian snouck hurgronje bersumber dari id.wikipedia.org

Pemilik teori ini adalah S. Hurgronje dan J. Pijnapel. Pertanyaannya siapakah S, Hurgronje silahkan squad jawab dalam kolom komentar.

2. Teori Persia

sumber : reddit.com

Kemudian teori selanjutnya adalah teori Persia. Umar Amir Husen dan Hoesein Djadjadiningrat meyakini teorinya bahwa Islam masuk ke Nusantara melalui para pedagang yang berasal dari Persia, bukan dari India, Gujarat. Persia merupakan sebuah kerajaan yang dulunya kemungkinan besar teletak di wilayah Iran.

Teori ini dicetuskan karena saat awal masuknya Islam ke Nusantara di abad ke 13, ajaran Syiah yang berasal dari Persia begitu marak diyakini oleh masyarakat Nusantara. Selain itu, ada beberapa tradisi di Indonesia yang memiliki kesamaan dengan tradisi Persia dianggap sebagai salah satu penguat teori ini.

sumber : faktualnews.co

Bererapa teori itu contohnya adalah peringatan 10 Muharam Islam-Persia yang serupa dengan upacara peringatan bernama Tabuik/Tabut di beberapa wilayah Sumatera (Khususnya Sumatera Barat dan Bengkulu).

3. Teori China

Masjid Huaisheng merupakan slatu masjid tertua di China tepatnya di Guangzhow, http://chindonews.blogspot.com/

Ada pula teori China. Wah mungkin agak aneh ya squad. Tapi teori ini diyakini oleh Slamet Mulyana dan Sumanto Al Qurtuby. Keduanya menyatakan pendapat bahwa sebenarnya kebudayaan Islam masuk ke Nusantara melalui perantara masyarakat muslim China.

Dalam teori ini dinyatakan bahwa migrasi masyarakat muslim China dari Canton ke Nusantara, khususnya Palembang pada abad ke 9  yang menjadi awal mula masuknya budaya Islam ke Nusantara. 

Canton itu merupakan salah satu wilayah yang berada di Guangzhow China. Daerah ini memang menjadi salah satu daerah yang banyak penduduk muslim hingga saat ini.

Masjid kesultanan Demak sumber : salamadian.com

Oh ya squad teori ini diperkuat dengan adanya bukti bahwa Raden Patah (Raja Demak) merupakan keturunan China, bahkan pada waktu itu penulisan gelar raja-raja Demak menggunakan istilah China, dan catatan sejarah yang menyebutkan bahwa pedagang China lah yang pertama menduduki pelabuhan-pelabuhan di Nusantara.

4. Teori Mekkah

sumber  : sejarah-andychand.blogspot.com

Teori Mekkah menjelaskan bahwa Islam di Nusantara masuk melalui para musafir dari Arab yang memiliki ghiroh atau semangat untuk mendakwahkan Islam ke seluruh dunia pada abad ke 7.

Yang memperkuat teori ini adalah adanya sebuah perkampungan Arab di Barus, Sumatera Utara yang dikenal dengan nama Bandar Khalifah. Udah pernah ke sini belum?

Bukti lainnya adalah Samudera Pasai menggunakan mahzab yang terkenal yaitu mahzab Syafi’i. Mahzab ini juga terkenal di Arab dan Mesir pada saat itu. 

Bukti yang terakhir adalah digunakannya gelar Al-Malik bagi raja-raja Samudera Pasai seperti budaya Islam di Mesir. 

Teori inilah yang paling diyakini oleh beberapa tokoh seperti, Van Leur, Anthony H. Johns, T.W Arnold, dan Buya Hamka.

Pada masanya kekuatan islam merupakan kekuatan yang paling disegani di Nusantara. Hal ini dibuktikan dengan banyak kerajaan islam yang berkuasa pada saat itu. Apa saja kerajaan-kerajaan Islam yang berkuasa?. Silahkan ananda cukup membaca sejarah yang ada di buku berkaitan dengan kerajaan di bawah ini. 

Nah, akhirnya squad tahu bagaimana teori masuknya islam ke Nusantara. Semoga bisa menjadi referensi dan pembelajaran ya. Dari sejarah kita bisa memperbaiki diri menjadi manusia yang lebih baik lagi. Semangat belajar ya squad. 

58 comments for "Beginilah 4 Teori Masuknya Islam Ke Nusantara"

  1. Nama:Faliha Fayyad R
    Kelas:7PA1

    Komentar/Kesimpulan Teori China:Seperti yg diatas ana telah membaca teori china teori telah d yakin kn oleh slamet mulyana dan sumanto al quturbyKeduanya menyatakan pendapat bahwa sebenarnya kebudayaan Islam masuk ke Nusantara melalui perantara masyarakat muslim China.muslim china melakukan imigrasi dari canton ke palembang pada abad ke 7 muslim china guanzhow adalah daera yg pling byak muslim china

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. NAMA:VALENTINO RIZKY W
      KELAS:7PA1
      MAPEL:IPS
      KESIMPULAN:
      Negara kita Indonesia adalah negara dengan penduduk yang beragama islam terbesar di dunia.
      Sebelum menjadi agama terbesar yang diyakini oleh rakyat Indonesia, Islam merupakan salah satu agama yang diyakini datang melalui jalur pedagang yang singgah di Nusantara Squad.secara teori ada 4 masuknya Islam ke Nusantara yaitu:
      1.teori Gujarat
      2.teori Persia
      3.teori China
      4.teori Makkah
      Teori ini diambil dari abad ke 7. Islam merupakan agama yg di takuti di Nusantara yg memiliki kerajaan kerajaan

      Delete
  3. NAMA :TORA ORYZA PASHA
    KELAS :7pa1

    1.Snouck Hurgronje adalah tokoh yang dianggap paling berjasa dalam penaklukan Belanda terhadap Aceh sebab ia adalah tokoh dibalik strategi-strategi yang digunakan Belanda untuk melemahkan Aceh.
    2.teori mekkah : menurut ana Yang memperkuat teori ini adalah adanya sebuah perkampungan Arab di Barus, Sumatera Utara yang dikenal dengan nama Bandar Khalifah, dan Bukti lainnya adalah Samudera Pasai menggunakan mahzab yang terkenal yaitu mahzab Syafi’i.

    ReplyDelete
  4. Nama: faza putra dena
    Kls : 7pa2
    Komentar teori mekkah: seperti yang ana baca di atas teori mekkah ini telah diyakinkan ole anthony.Hteori mekkah ini menjelaskan bahwa islam nusantara masuk dari musafirdari arab oada abad ke 7 dan yang memperkuat teori ini adalah adanya sebuah perkampungan arab di barus sumatera utara.Dan bukti lainnya ialah kerajaan samudera pasai.dan pada masanya kekuatan islam paling disegani di Nusantara

    ReplyDelete
  5. Nama:Azka Aufa Alfarisi P
    Kelas:7pa1

    -Christian snouck hurgronjebialah mata-mata yang dikirimkan oleh belanda ke aceh untuk berpura-pura masuk islam dan memata-matai aceh untuk membuka peluang bagi belanda untuk menyerang aceh.
    Kesimpulan teori mekkah:twori mekkah menjelaskan bahwa islam dibawa musafir dari mekkah ke indonesia.bukti yang memperkuatnya adalah perkampungan arab di sumatera utara yang bernama bandar khalifah,setelah itu teori ini juga banyak dipercayai dan kerajaan samudera pasai menggunakan madzhab syafi'i yang terkenal di mekkah dan mesir.

    ReplyDelete
  6. NAMA:AZIZ MAHARDIKA S
    KELAS:VII PA II
    MAPEL:IPS

    KESIMPULANNYA:
    1.Seperti yang ana baca diatas teori mekkah telah diyakini oleh antony.teori ini menjelaskan masuknya islam ke nuasntara dari musafirdari arab pada abad ke 7 dan bukti lainnya ialah kerajaan samudra pasai dan padamasanya kekuatan islama disegani dinusan tara

    ReplyDelete
  7. Nama:Muhammad Ihsan
    Kelas:7pa2
    komentar:
    -Christian snouck hurgronjebialah mata-mata yang dikirimkan oleh belanda ke aceh untuk berpura-pura masuk islam dan memata-matai aceh untuk membuka peluang bagi belanda untuk menyerang aceh.
    Kesimpulan teori mekkah:twori mekkah menjelaskan bahwa islam dibawa musafir dari mekkah ke indonesia.bukti yang memperkuatnya adalah perkampungan arab di sumatera utara yang bernama bandar khalifah,setelah itu teori ini juga banyak dipercayai dan kerajaan samudera pasai menggunakan madzhab syafi'i yang terkenal di mekkah dan mesir.

    ReplyDelete
  8. NAMA:IBRA SYAFIQ WINATA
    KELAS:VII PA III
    Komentar:Menurut ana teori masuknya Islam ke Indonesia memang masih menjadi misteri yang menarik,Menurut ana teori Mekah lah yang mungkin menjadi teori paling kuat masuknya Islam keindonesia

    ReplyDelete
  9. Nama : Muhammad Arkaan Surya
    Kelas: 7pa1 (Alexandria)

    Komentar ana:
    1. Snouck Hurgronje merupakan orang Belanda yang lahir pada tanggal 8 Februari 1857 di Tholen, Oosterhout, Belanda. Pada tahun 1885 S.Hurgronje memeluk Islam di Mekkah.
    S.Hurgronje adalah orang yang mampu menaklukkan Aceh berkat keuletan sekaligus kelicikannya menyamar menjadi Haji Abdul Ghaffar untuk memecah-belah masyarakat di Serambi Mekah dengan menjalankan taktik Devide Et Impera bersama pemerintah kolonial Belanda. Pada tahun 1903 S.Hurgronje kembali ke Belanda karena kecewa kepada pemerintah kolonial yang menggunakan kekerasan untuk menaklukan Aceh.
    Karya ilmiah Snouck Hurgronje adalah tulisanya tentang kota Makkah, De Atjehers. Karya lain dalam bentuk makalah ‘Munculnya Islam’, ‘Perkembangan Agama Islam’, ‘Perkembangan Politik Islam’, dan 'Islam dan Pemikiran modern'.
    Snouck Hurgronje ternyata tidak benar-benar menjadi mualaf. Buktinya, pada 1910 ia menikahi seorang putri pendeta di Belanda. Hurgronje kemudian dikukuhkan sebagai Guru Besar Universitas Leiden pada 1907 dan diangkat sebagai penasihat Kementerian Urusan Koloni di Kerajaan Belanda. Snouck Hurgronje meninggal dunia tanggal 16 Juli 1936 di Leiden, Belanda, pada usia 79 tahun. Hingga wafatnya, ia masih mengampu jabatan sebagai penasihat Kementerian Urusan Koloni di Kerajaan Belanda.
    Kebesaran Snouck selalu dikenang, dialah ilmuwan yang dijuluki “dewa” dalam bidang Arabistiek-Islamologi dan Orientalistik, salah satu pelopor penelitian tentang Islam, Lembaga-Lembaganya, dan Hukum-Hukumnya. Ia “berjasa” menunjukkan “kekurangan-kekurangan” dalam dunia Islam dan perkembangannya di Indonesia. Di Rapenburg didirikan monumen “Snouck Hurgronjehuis” untuk mengenang jasa-jasanya dan kebesarannya. Christiaan Snouck Hurgronje, tokoh penting peletak dasar kebijakan “Islam Politiek” merupakan “Pembaratan Islam Pribumi” kini diteruskan oleh para pewarisnya di Indonesia yang dikenal sebagai cendekiawan Islam Liberal Indonesia.
    2. Ana belum pernah ke perkampungan Arab di Barus, Sumatera Utara Ustad.. Bukti bahwa Islam pertama kali masuk ke Nusantara lewat Barus adalah ditemukannya makam Syekh Rukunuddin yang wafat pada tahun 672 Masehi atau 48 Hijriah. Makam tersebut terdapat di kompleks Makam Mahligai di Barus.

    ReplyDelete
  10. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  11. Nama:Askarullah Hilmi Al Fathi
    Kelas:7PA1
    Komentar:Indonesia adalah salah satu negara islam terbesar di dunia,bahkan bisa dikatakan yang paling besar.Islam masuk ke Indonesia melalui beberapa teori.yakni teori Gujarat,Persia,China,dan mekkah.
    1.Teori Gujarat merupakan teori yang meyakini bahwa islam masuk melalui negara India.Teori ini diyakini oleh S.Hurgronje
    2. Teori Persia teori ini meyakini bahwa islam masuk melalui perantara Persia.teori ini diyakini oleh Umar Amir Husen.
    3.Teori China menurut slamet mulyana islam masuk ke Indonesia melalui perantara islam China.
    4.Teori Mekkah masuknya islam melalui Mekkah di perkuat oleh perkampungan arab di Barus,Sumatra Utara dan gelar yang dipakai oleh samudra pasai yakini Al-Malik merupakan gelar yang biasa dipakai raja arab atau mesir.dan pada masanya kerajaan islam merupakan kerajaan terkuat sehingga kerajaan lain takut dengan kerajaan islam.

    ReplyDelete
  12. Komentar: Indonesia adalah salah satu negara Islam terbesar di dunia, bahkanbisa dikatakan yg paling besar.islam masuk ke Indonesia melalui empat teori yaitufeori Gujarat,teori Persia,teori China,teori Mekkah.

    ReplyDelete
  13. Nama : M.Aldho Putra Yuandri
    Kelas. : 7pa2 [ Tunisia ]
    Mapel : Ilmu Pengetahuan sosial
    Jawaban. 1.Snouck Hurgronje adalah tokoh yang paling berjasa dalam penaklukan Belanda terhadap Aceh karna ia adalah orang dibalik strategi-strategi yang digunakan Belanda untuk melemahkan Aceh.

    2.Negara kita Indonesia adalah negara dengan penduduk yang beragama islam terbesar di dunia.
    Sebelum menjadi agama yang terbesar, Agama Islam yang diyakini datang melalui jalur pedagang yang singgah di Nusantara .secara teori ada 4 masuknya Islam ke Nusantara yaitu:
    1.teori Gujarat
    2.teori Persia
    3.teori China
    4.teori Makkah
    Teori ini diambil dari abad ke 7. Islam merupakan agama yg di takuti di Nusantara yg memiliki kerajaan kerajaan

    #Dirumahaja 🏡 #Studyathome🏫
    #IkatanPelajarShantuy:)

    ReplyDelete
  14. Nama : Dafin Alfabin Suryajaya
    Kelas : 7 Pa 2

    Komentar : Indonesia adalah negara dengan penduduk yang beragama islam terbesar di dunia.
    Sebelum menjadi agama terbesar yang diyakini oleh rakyat Indonesia, Islam merupakan salah satu agama yang diyakini datang melalui jalur pedagang yang singgah di Nusantara Squad.secara teori ada 4 masuknya Islam ke Nusantara yaitu:
    •> Teori Gujarat
    •> Teori Persia
    •> Teori China
    •> Teori Makkah

    ReplyDelete
  15. Nama:M.AZZAM MUBAROK
    Kelas:7pa2
    Jawaban:Negara kita Indonesia adalah negara dengan penduduk yang beragama islam terbesar di dunia.

    Sebelum menjadi agama terbesar yang diyakini oleh rakyat Indonesia, Islam merupakan salah satu agama yang diyakini datang melalui jalur pedagang yang singgah di Nusantara Squad. Lalu, timbul pertanyaan, bagaimana ya asal muasal Islam masuk ke wilayah Nusantara?

    Secara umum ahli sejarah menuliskan setidaknya ada 4 teori bagaimana proses masuknya Islam ke Nusantara.
    Yaitu:
    1.teori gujarat
    2.teori persia
    3.teori china
    4.teori makkah
    Teori ini diambil dari abad ke 7. Islam merupakan agama yg di takuti di Nusantara yg memiliki kerajaan kerajaan

    ReplyDelete
  16. nama:sulaiman zuhdi harahap
    kelas:7pa2
    konentar:indonesia adalah negara yang kaya alam dan seni budaya dan indonesia juga termasuk negara islam terbesar di dunia sebelum menjadi agama terbesar yang di yakini oleh rakyat indonesia'islam merupakan salah satu agama yang diyakini datang melalui jalur yang singgah di nusantara aquad.secara teori ada 4masunya islam ke nusantara yaitu;
    -teori gujarat
    -teori persis
    -teori china
    -teori makkah

    ReplyDelete
  17. nama:M bima alfarezel
    kls : 7 pa 2
    no ab: 25
    mapel: ips

    1)christiaan snouck hurgronje adalah seorang sarjana belanda budaya oriental untuk pemerintah kolonial hinda belanda.Dia adalah agen belanda yg pura-pura masuk islam. untuk menguasai daerah Aceh.
    2) teori mekkah: menurut ana yg memerkuat teori ini adalah adanya sebuah perkampungan arab di barus, sumatra utara yang di kenal dengan nama bandar khalifah. bukti lainnya adalah samudra pasai mengunakan mahzab yg terkenal yaitu mahzab syafi'i.

    ReplyDelete
  18. M.Rihhad Ramadhan HR
    7 pa 2
    Kesimpulan :
    Teori Masuknya Islam di Nusantara tentang teori kedatangan islam di Nusantara,memiliki beberapa pendapat di kalangan beberapa ahli. Pendapat tersebut berkisar pada tiga masalah pokok,yakni asal-muasal islam berkembang di wilayah Nusantara,pembawa dan pendakwah islamdan kapan sebenarnya islam mulai muncul di Nusantara.Ada sejumlah teori yang membicarakan mengenai asala-muasal Islam yang berkembang di Nusantara yaitu teori gujarat, teori persia, dan teori arabia.
    Kerajaan2 Islam di Indonesia :
    1. Kerajaan perlak ( 840-1292 )
    2. Kerajaan Ternate ( 1257 )
    3. Kerajaan samudra pasai ( 1267-1521 )
    4. Kerajaan Gowa ( 1300an )
    5. Kerajaan Pagaruyung (1347)

    ReplyDelete
  19. NAMA:M. Candra Winata
    KELAS:7pa1
    KOMENTAR:Indonesia adalah salah satu negara islam terbesar didunia.Islam masuk ke Indonesia melalui empat Teori yaitu,Teori Gujarat,Teori Persia,Teori China,Teori Mekkah...

    ReplyDelete
  20. Nama:Muamar Nasem Seasar
    Kelas:VII Pa II (TUNISIA)

    Komentar ana:
    1. Snouck Hurgronje merupakan orang Belanda yang lahir pada tanggal 8 Februari 1857 di Tholen, Oosterhout, Belanda. Pada tahun 1885 S.Hurgronje memeluk Islam di Mekkah.
    S.Hurgronje adalah orang yang mampu menaklukkan Aceh berkat keuletan sekaligus kelicikannya menyamar menjadi Haji Abdul Ghaffar untuk memecah-belah masyarakat di Serambi Mekah dengan menjalankan taktik Devide Et Impera bersama pemerintah kolonial Belanda. Pada tahun 1903 S.Hurgronje kembali ke Belanda karena kecewa kepada pemerintah kolonial yang menggunakan kekerasan untuk menaklukan Aceh.
    Karya ilmiah Snouck Hurgronje adalah tulisanya tentang kota Makkah, De Atjehers. Karya lain dalam bentuk makalah ‘Munculnya Islam’, ‘Perkembangan Agama Islam’, ‘Perkembangan Politik Islam’, dan 'Islam dan Pemikiran modern'.
    Snouck Hurgronje ternyata tidak benar-benar menjadi mualaf. Buktinya, pada 1910 ia menikahi seorang putri pendeta di Belanda. Hurgronje kemudian dikukuhkan sebagai Guru Besar Universitas Leiden pada 1907 dan diangkat sebagai penasihat Kementerian Urusan Koloni di Kerajaan Belanda. Snouck Hurgronje meninggal dunia tanggal 16 Juli 1936 di Leiden, Belanda, pada usia 79 tahun. Hingga wafatnya, ia masih mengampu jabatan sebagai penasihat Kementerian Urusan Koloni di Kerajaan Belanda.
    Kebesaran Snouck selalu dikenang, dialah ilmuwan yang dijuluki “dewa” dalam bidang Arabistiek-Islamologi dan Orientalistik, salah satu pelopor penelitian tentang Islam, Lembaga-Lembaganya, dan Hukum-Hukumnya. Ia “berjasa” menunjukkan “kekurangan-kekurangan” dalam dunia Islam dan perkembangannya di Indonesia. Di Rapenburg didirikan monumen “Snouck Hurgronjehuis” untuk mengenang jasa-jasanya dan kebesarannya. Christiaan Snouck Hurgronje, tokoh penting peletak dasar kebijakan “Islam Politiek” merupakan “Pembaratan Islam Pribumi” kini diteruskan oleh para pewarisnya di Indonesia yang dikenal sebagai cendekiawan Islam Liberal Indonesia.
    2. Ana belum pernah ke perkampungan Arab di Barus, Sumatera Utara Ustad.. Bukti bahwa Islam pertama kali masuk ke Nusantara lewat Barus adalah ditemukannya makam Syekh Rukunuddin yang wafat pada tahun 672 Masehi atau 48 Hijriah. Makam tersebut terdapat di kompleks Makam Mahligai di Barus.

    ReplyDelete
  21.      
    Snouck Hurgronje lahir tanggal 8 Februari 1857 di Belanda. Sejarah mencatat bahwa Hurgronje merupakan orang Belanda yang mampu menaklukkan Aceh berkat keuletan sekaligus kelicikannya dalam memecah-belah masyarakat di Serambi Mekah.

    Perang Aceh berlangsung sangat lama serta amat merepotkan Belanda. Snouck Hurgronje masuk ke Aceh dengan menyamar dan membaur dengan penduduk setempat. Ia mempelajari adat-istiadat dan kebudayaan Aceh, juga agama Islam.

    Akhirnya, Snouck Hurgronje berhasil menemukan kelemahan masyarakat Aceh dan membuka peluang bagi pemerintah kolonial untuk menaklukkan Aceh.

    Dengan modal menguasai bahasa Melayu-Aceh dan pemahaman yang sangat baik tentang Islam, Hurgronje memasuki Aceh yang masih dilanda perang. Ia menyamar sebagai Haji Abdul Ghaffar dan berhasil menjalin relasi dengan tokoh-tokoh adat serta para ulama di Aceh. Selama 7 bulan hidup di tengah-tengah warga setempat, Hurgronje akhirnya mengerti mengapa Aceh sulit ditaklukkan selama ini. Ia menjalankan taktik devide et impera untuk memecah-belah masyarakat Aceh.
    Tanggal 23 Mei 1892, Snouck Hurgronje menulis Atjeh Verslag, yakni laporannya tentang Aceh kepada pemerintah kolonial di Batavia. Dalam laporan ini, Hurgronje membeberkan cara menaklukkan bumi Serambi Mekah.

    1903 Belanda menaklukkan Kesultanan Aceh. Namun, Hurgronje pulang ke Belanda karena kecewa dengan pemerintah kolonial yang tidak menjalankan seluruh sarannya dalam upaya tersebut. Hurgronje menyarankan upaya penaklukan Aceh jangan dilakukan dengan kekerasan karena berpotensi menimbulkan masalah baru.

    Snouck Hurgronje meninggal dunia tanggal 16 Juli 1936 di Leiden, Belanda, pada usia 79 tahun. Hingga wafatnya, ia masih mengampu jabatan sebagai penasihat Kementerian Urusan Koloni di Kerajaan Belanda. 

    ReplyDelete
  22. Nama : M. Syafiq Arifin N.
    Kelas: VIIPA3     
    Snouck Hurgronje lahir tanggal 8 Februari 1857 di Belanda. Sejarah mencatat bahwa Hurgronje merupakan orang Belanda yang mampu menaklukkan Aceh berkat keuletan sekaligus kelicikannya dalam memecah-belah masyarakat di Serambi Mekah.

    Perang Aceh berlangsung sangat lama serta amat merepotkan Belanda. Snouck Hurgronje masuk ke Aceh dengan menyamar dan membaur dengan penduduk setempat. Ia mempelajari adat-istiadat dan kebudayaan Aceh, juga agama Islam.

    Akhirnya, Snouck Hurgronje berhasil menemukan kelemahan masyarakat Aceh dan membuka peluang bagi pemerintah kolonial untuk menaklukkan Aceh.

    Dengan modal menguasai bahasa Melayu-Aceh dan pemahaman yang sangat baik tentang Islam, Hurgronje memasuki Aceh yang masih dilanda perang. Ia menyamar sebagai Haji Abdul Ghaffar dan berhasil menjalin relasi dengan tokoh-tokoh adat serta para ulama di Aceh. Selama 7 bulan hidup di tengah-tengah warga setempat, Hurgronje akhirnya mengerti mengapa Aceh sulit ditaklukkan selama ini. Ia menjalankan taktik devide et impera untuk memecah-belah masyarakat Aceh.
    Tanggal 23 Mei 1892, Snouck Hurgronje menulis Atjeh Verslag, yakni laporannya tentang Aceh kepada pemerintah kolonial di Batavia. Dalam laporan ini, Hurgronje membeberkan cara menaklukkan bumi Serambi Mekah.

    1903 Belanda menaklukkan Kesultanan Aceh. Namun, Hurgronje pulang ke Belanda karena kecewa dengan pemerintah kolonial yang tidak menjalankan seluruh sarannya dalam upaya tersebut. Hurgronje menyarankan upaya penaklukan Aceh jangan dilakukan dengan kekerasan karena berpotensi menimbulkan masalah baru.

    Snouck Hurgronje meninggal dunia tanggal 16 Juli 1936 di Leiden, Belanda, pada usia 79 tahun. Hingga wafatnya, ia masih mengampu jabatan sebagai penasihat Kementerian Urusan Koloni di Kerajaan Belanda. 

    ReplyDelete
  23. Nama:Ahmad Faiz Shiddiq
    Kelas:7pa2

    Pada zamannya indonesia memiliki kerajaan islam yang kuat sehingga ditakuti di nusantara dan ada beberapa teori kalau islam masuk lewat jalur perdagangan dan lain lain termasuk teori berikut:
    1.teori gujarat
    2.teori persia
    3.teori china
    4.teori mekkah

    ReplyDelete
  24. M. Albar al zaky 7pa2

    Komentar:indonesia adalah salah satu negara islam terbesar dan islam masuk dgn 4 teori yaitu:

    1. Teori gujarat
    2. Teori persis
    3. Teori china
    4. Teori makkah

    ReplyDelete
  25. Nama : M. Syafiq Arifin N.
    Kelas: VIIPA3
      
    Snouck Hurgronje lahir tanggal 8 Februari 1857 di Belanda. Sejarah mencatat bahwa Hurgronje merupakan orang Belanda yang mampu menaklukkan Aceh berkat keuletan sekaligus kelicikannya dalam memecah-belah masyarakat di Serambi Mekah.

    Perang Aceh berlangsung sangat lama serta amat merepotkan Belanda. Snouck Hurgronje masuk ke Aceh dengan menyamar dan membaur dengan penduduk setempat. Ia mempelajari adat-istiadat dan kebudayaan Aceh, juga agama Islam.

    Akhirnya, Snouck Hurgronje berhasil menemukan kelemahan masyarakat Aceh dan membuka peluang bagi pemerintah kolonial untuk menaklukkan Aceh.

    Dengan modal menguasai bahasa Melayu-Aceh dan pemahaman yang sangat baik tentang Islam, Hurgronje memasuki Aceh yang masih dilanda perang. Ia menyamar sebagai Haji Abdul Ghaffar dan berhasil menjalin relasi dengan tokoh-tokoh adat serta para ulama di Aceh. Selama 7 bulan hidup di tengah-tengah warga setempat, Hurgronje akhirnya mengerti mengapa Aceh sulit ditaklukkan selama ini. Ia menjalankan taktik devide et impera untuk memecah-belah masyarakat Aceh.
    Tanggal 23 Mei 1892, Snouck Hurgronje menulis Atjeh Verslag, yakni laporannya tentang Aceh kepada pemerintah kolonial di Batavia. Dalam laporan ini, Hurgronje membeberkan cara menaklukkan bumi Serambi Mekah.

    1903 Belanda menaklukkan Kesultanan Aceh. Namun, Hurgronje pulang ke Belanda karena kecewa dengan pemerintah kolonial yang tidak menjalankan seluruh sarannya dalam upaya tersebut. Hurgronje menyarankan upaya penaklukan Aceh jangan dilakukan dengan kekerasan karena berpotensi menimbulkan masalah baru.

    Snouck Hurgronje meninggal dunia tanggal 16 Juli 1936 di Leiden, Belanda, pada usia 79 tahun. Hingga wafatnya, ia masih mengampu jabatan sebagai penasihat Kementerian Urusan Koloni di Kerajaan Belanda. 

    ReplyDelete
  26. M.Najiburrahman
    7pa3
    Negara kita Indonesia adalah negara dengan penduduk yang beragama islam terbesar di dunia.

    Sebelum menjadi agama terbesar yang diyakini oleh rakyat Indonesia, Islam merupakan salah satu agama yang diyakini datang melalui jalur pedagang yang singgah di Nusantara Squad. bagaimana ya asal muasal Islam masuk ke wilayah Nusantara?

    Secara umum ahli sejarah menuliskan setidaknya ada 4 teori bagaimana proses masuknya Islam ke Nusantara.
    Yaitu:
    1.teori gujarat
    2.teori persia
    3.teori china
    4.teori makkah
    Teori ini diambil dari abad ke 7. Islam merupakan agama yg di takuti di

    ReplyDelete
  27. Nama:Hanif johan cholid
    Kls:7PA2
    Komentar ana yaitu:
    Pada zamannya indonesia memiliki kerajaan islam yang kuat sehingga ditakuti di nusantara dan ada beberapa teori kalau islam masuk lewat jalur perdagangan dan lain lain termasuk teori berikut:
    1.teori gujarat
    2.teori persia
    3.teori china
    4.teori makkah

    1)christiaan snouck hurgronje adalah seorang sarjana belanda budaya oriental untuk pemerintah kolonial hinda belanda.Dia adalah agen belanda yg pura-pura masuk islam. untuk menguasai daerah Aceh.
    2) teori mekkah: menurut ana yg memerkuat teori ini adalah adanya sebuah perkampungan arab di barus, sumatra utara yang di kenal dengan nama bandar khalifah. bukti lainnya adalah samudra pasai mengunakan mahzab yg terkenal yaitu mahzab syafi'i.

    ReplyDelete
  28. -Christian snouck hurgronjebialah mata-mata yang dikirimkan oleh belanda ke aceh untuk berpura-pura masuk islam dan memata-matai aceh untuk membuka peluang bagi belanda untuk menyerang aceh.
    Kesimpulan teori mekkah:twori mekkah menjelaskan bahwa islam dibawa musafir dari mekkah ke indonesia.bukti yang memperkuatnya adalah perkampungan arab di sumatera utara yang bernama bandar khalifah,setelah itu teori ini juga banyak dipercayai dan kerajaan samudera pasai menggunakan madzhab syafi'i yang terkenal di mekkah dan mesir.

    ReplyDelete
    Replies
    1. NAMA:M.ABIZAR
      KELAS:7PA3
      -Christian snouck hurgronjebialah mata-mata yang dikirimkan oleh belanda ke aceh untuk berpura-pura masuk islam dan memata-matai aceh untuk membuka peluang bagi belanda untuk menyerang aceh.
      Kesimpulan teori mekkah:twori mekkah menjelaskan bahwa islam dibawa musafir dari mekkah ke indonesia.bukti yang memperkuatnya adalah perkampungan arab di sumatera utara yang bernama bandar khalifah,setelah itu teori ini juga banyak dipercayai dan kerajaan samudera pasai menggunakan madzhab syafi'i yang terkenal di mekkah dan mesir.

      Delete
  29. Nama:ARKAN NOUFAL REFANDI
    Kelas:7pa2
    Negara indonesia adalah negara dengan penduduk yang beragama Islam terbesar di dunia.
    Sebelum menjadi agama terbesar yang di yakini oleh rakyat indonesia.islam merupakan salah satu agama yang di yakini datang melalui jalur perdagangan yang singgah di nusantara.secara teori ada r masuknya Islam ke Nusantara yaitu:
    1.teori gurajat
    2.teori Persia
    3.teori China
    4.teori makkah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nama:M.ABYAN FAHLEVI
      KLS:7PA1
      Csnouck hurgronjebialah mata-mata yang dikirimkan oleh belanda ke aceh untuk berpura-pura masuk islam dan memata-matai aceh untuk membuka peluang bagi belanda untuk menyerang aceh.
      Kesimpulan teori mekkah:twori mekkah menjelaskan bahwa islam dibawa musafir dari mekkah ke indonesia.bukti yang memperkuatnya adalah perkampungan arab di sumatera utara yang bernama bandar khalifah,setelah itu teori ini juga banyak dipercayai dan kerajaan samudera pasai menggunakan madzhab syafi'i yang terkenal di mekkah dan mesir.

      Delete
  30. Nama: Ahsyar Nadhif Islamy
    Kls: 7pa3
    Komentar: menurut ana teori Mekkah
    menjelaskan bahwa Islam di Nusantara masuk melalui para musafir dari Arab yang memiliki ghiroh atau semangat untuk mendakwahkan Islam ke seluruh dunia pada abad ke 7 dan Yang memperkuat teori ini adalah adanya sebuah perkampungan Arab di Barus.

    ReplyDelete
  31. Nama:M.Abyan Fahlevi
    Kls: ALEXANDRIA 7PA1
    KOMENTAR: TEORI PERSIA
    YG MANA TEORI INI MASUKNYA ISLAM KE NUSANTARA DI ABAD KE 13 YG DI JELASKAN OLEH UMAR AMIR USEIN DAN HOESEIN DJADJADININGRAT MEYAKINI TEORINYA BAHWA ISLAM MASUK KE NUSANTARA MELALUI PARA PEDAGANG YG BERASAL DARI PERSIA BUKAN DARI INDIA, GUJARAT. PERSIA MERUPAKAN SEBUAH KERAJAAN YG DULUNYA KEMUNGKINAN BESAR TERLETAK DI WILAYAH IRAN.

    ReplyDelete
  32. Nama:M.Randhu
    Kelas:7 Pa 2

    Salah Satu Contoh Teori Masuknya Islam Ke Nusantara Adalah Sebagai Berikut:
    1.Teori Gujarat
    Secara teoritis,teori ini
    menyatakan bahawa agama
    serta kebudayaan Islam di
    peroleh dari daerah Gujarat.
    Pemilik teori ini adalah
    S.Hurgronje dan J.Pijnapel.

    2.Teori Persia.
    Kemudian teori selanjutnya
    adalah teori persia.Umar
    Amir Husen dan Hoesein
    Djadjadiningrat menyakini
    teori nya bahwa islam masuk
    Kenusantara melalui pedagang
    yang berasal dari persia.
    Beberapa teori itu contoh ny
    Peringatan 10 Muharram Islam
    -Persia.

    3.Teori China
    Ada pula teori China.Teori
    ini di yakini oleh Slamet
    Mulyana dan Sumanto Al
    Quturby.Teori ini di perkuat
    dengan adanya bukti bahwa
    Raden Patah (Raja Demak)
    merupakan keturunan China.

    4.Teori Mekkah
    Teori Mekkah menjelaska
    bahwa Islam di Nusantara
    masuk melalui musafir dari
    Arab yg memiliki Fhoto atau
    Semangat untuk mendakwa kan
    Islam ke seluruh dunia pada
    Abad ke-7.Teori inilah yang
    Paling di yakini oleh
    beberapa tokoh seperti,Van
    Keur,Anthony H.Jons,
    T.W Arnold,dan Buat Hamka.

    ReplyDelete
  33. NAMA:FAATHIR AL FARABI
    KELAS:7PA2
    KESIMPULAN:
    Negara Indonesia adalah negara yg berpenduduk agama islam terbesar didunia.
    Cristian snouck hurgronjibealah mata mata yg dikirim belanda keaceh dia berpura pura masuk islam untuk membuka peluang belanda untuk menyerang islam.
    Sebelum indonesia menjadi negara berkempedudukan islam terbesar di dunia ada beberapa teori mengenai masuknya islam ke nusantara:
    1.teori gurajat.
    2.teori persia.
    3.teori china.
    4.teori makkah.
    #BelajarDiRumah

    ReplyDelete
  34. Nama:Ridho Saheka Sitepu
    Kelas:VII PA 1
    Kesimpulan:
    Sebelum menjadi agama terbesar yang diyakini oleh rakyat Indonesia, Islam merupakan salah satu agama yang diyakini datang melalui jalur pedagang yang singgah di Nusantara Squad. Lalu, timbul pertanyaan, bagaimana ya asal muasal Islam masuk ke wilayah Nusantara?

    Secara umum ahli sejarah menuliskan setidaknya ada 4 teori bagaimana proses masuknya Islam ke Nusantara.
    Yaitu:
    1.Teori gujarat
    2.Teori persia
    3.Teori china
    4.Teori makkah
    Teori ini diambil dari abad ke 7. Islam merupakan agama yg di takuti di Nusantara yg memiliki kerajaan kerajaan

    ReplyDelete
  35. Nama: M Fajar Santoso
    Kelas:7pa3
    Tugas IPS

    4 teori masuknya Islam ke Nusantara
    1. Teori Gujarat
    Di kemukakan oleh s Hurgronje, seorang warga Belanda yang membantu Belanda agar bisa menduduki wilayah Aceh dengan cara berpura-pura masuk Islam dan mempelajari Islam.
    2.Teori Persia
    3.Teori China
    4.Teori Mekah
    kerajaan-kerajaan Islam merupakan bukti bahwa pada masanya kekuatan Islam merupakan kekuatan yang paling disegani diNusantara

    ReplyDelete
  36. nama:faris shafwan abdillah
    kelas:7putra1
    cara-cara islam masuk ke nusantara terbagi menjadi 4 yaitu:
    1)teori gujarat
    teori ini menjelaskan masuknya islam karena pedagangan ke daerah nusantara yaitu pada abad ke-13 islam masuk ke nusantara
    2)teori persia
    disini dijelaskan orang persia merayakan masuknya islam ke persia dengan menggunakan perayaan yang sama seperti adat yang ada di daerah sumatra barat dan bengakulu
    3)teori china
    pada zaman kerajaan di indonesia tepatnya kerajaan kudus orang china menyata kan bahwa raja yang memimpin kerajaan kudus adalah keturunan china islam
    4)teori makkah
    masuknya islam ke nusantara karena adanya pedagang musafir arab yang berdagang ke nusantara karena di sebabkan banyak juga orang yang bertanya tentang agama islam akhirnya sedikit demi sedikit bertambahterus umat islam

    ReplyDelete
  37. Nama:M.afiq al gafar
    Kls:7pa3

    Komentar teori mekah: teori mekah ini telah diyakini oleh anthony. Teori mekah ini menjelaskan bahwa islam di nusantara masuk dari musafair arab pada abad ke 7 dan yang memperkuat teori ini adalah adanya sebuah perkam pungan arap di barus sumatera utara. Dan bukti lainnya ialah kerajaan samudra pasai. Dan pada masanya kekuatan islam paling disegani di nusantara.

    ReplyDelete
  38. nama :M.Rama Rizqi Fachreza F
    kelas:7 pa1

    jawaban:
    1. Snouck Hurgronje merupakan orang Belanda yang lahir pada tanggal 8 Februari 1857 di Tholen, Oosterhout, Belanda. Pada tahun 1885 S.Hurgronje memeluk Islam di Mekkah.
    S.Hurgronje adalah orang yang mampu menaklukkan Aceh berkat keuletan sekaligus kelicikannya menyamar menjadi Haji Abdul Ghaffar untuk memecah-belah masyarakat di Serambi Mekah dengan menjalankan taktik Devide Et Impera bersama pemerintah kolonial Belanda. Pada tahun 1903 S.Hurgronje kembali ke Belanda karena kecewa kepada pemerintah kolonial yang menggunakan kekerasan untuk menaklukan Aceh.
    Karya ilmiah Snouck Hurgronje adalah tulisanya tentang kota Makkah, De Atjehers. Karya lain dalam bentuk makalah ‘Munculnya Islam’, ‘Perkembangan Agama Islam’, ‘Perkembangan Politik Islam’, dan 'Islam dan Pemikiran modern'.
    Snouck Hurgronje ternyata tidak benar-benar menjadi mualaf. Buktinya, pada 1910 ia menikahi seorang putri pendeta di Belanda. Hurgronje kemudian dikukuhkan sebagai Guru Besar Universitas Leiden pada 1907 dan diangkat sebagai penasihat Kementerian Urusan Koloni di Kerajaan Belanda. Snouck Hurgronje meninggal dunia tanggal 16 Juli 1936 di Leiden, Belanda, pada usia 79 tahun. Hingga wafatnya, ia masih mengampu jabatan sebagai penasihat Kementerian Urusan Koloni di Kerajaan Belanda.
    Kebesaran Snouck selalu dikenang, dialah ilmuwan yang dijuluki “dewa” dalam bidang Arabistiek-Islamologi dan Orientalistik, salah satu pelopor penelitian tentang Islam, Lembaga-Lembaganya, dan Hukum-Hukumnya. Ia “berjasa” menunjukkan “kekurangan-kekurangan” dalam dunia Islam dan perkembangannya di Indonesia. Di Rapenburg didirikan monumen “Snouck Hurgronjehuis” untuk mengenang jasa-jasanya dan kebesarannya. Christiaan Snouck Hurgronje, tokoh penting peletak dasar kebijakan “Islam Politiek” merupakan “Pembaratan Islam Pribumi” kini diteruskan oleh para pewarisnya di Indonesia yang dikenal sebagai cendekiawan Islam Liberal Indonesia.
    2. Ana belum pernah ke perkampungan Arab di Barus, Sumatera Utara Ustad.. Bukti bahwa Islam pertama kali masuk ke Nusantara lewat Barus adalah ditemukannya makam Syekh Rukunuddin yang wafat pada tahun 672 Masehi atau 48 Hijriah. Makam tersebut terdapat di kompleks Makam Mahligai di Barus.

    ReplyDelete
    Replies

    1. NAMA : Fhateh Fahriyan Nanda
      KELAS : 7pa2

      1.Snouck Hurgronje adalah seorang sarjana Belanda budaya oriental ia adalah tokoh dibalik strategi-strategi yang digunakan Belanda untuk melemahkan Aceh.dia adalah mata mata atau agen Belanda yang pura pura masuk Islam untuk menguasai daerah Aceh.Dia menaklukkan Aceh berkat kelicikannya menyamar menjadi HJ.Abdul Ghaffar untuk memecah belah masyarakat di serambi Mekkah Dengan menjalankan tak-tik Devide It Impera.
      2..Teori Gujarat
      Secara teoritis,teori ini
      menyatakan bahawa agama
      serta kebudayaan Islam di
      peroleh dari daerah Gujarat.
      Pemilik teori ini adalah
      S.Hurgronje dan J.Pijnapel.
      Kedatangan Islam kenusantaraan berkisar pada abad ke 13,melalui koktak para pedagang dan kerajaan samudera pasai yg saat itu berkuasa atas selat Malaka pada saat itu.

      Teori Persia.
      Kemudian teori selanjutnya
      adalah teori persia.Umar
      Amir Husen dan Hoesein
      Djadjadiningrat menyakini
      teori nya bahwa islam masuk
      Kenusantara melalui pedagang
      yang berasal dari persia.
      Beberapa teori itu contoh ny
      Peringatan 10 Muharram Islam
      -Persia.

      Teori China
      Ada pula teori China.Teori
      ini di yakini oleh Slamet
      Mulyana dan Sumanto Al
      Quturby.Teori ini di perkuat
      dengan adanya bukti bahwa
      Raden Patah (Raja Demak)
      merupakan keturunan China.
      .Teori Mekkah
      Teori Mekkah menjelaska
      bahwa Islam di Nusantara
      masuk melalui musafir dari
      Arab yg memiliki Fhoto atau
      Semangat untuk mendakwa kan
      Islam ke seluruh dunia pada
      Abad ke-7.Teori inilah yang
      Paling di yakini oleh
      beberapa tokoh seperti,Van
      Keur,Anthony H.Jons,
      T.W Arnold,dan Buya Hamka.yg memperkuat teori ini adalah adanya sebuah perkampungan Arab d Barus Sumatra utara, dikenal dg nama Banda khalifah.bukti lainnya adalah samudera pasai menggunakan mahzab yg terkenal yaitu mahzab Syafi'i.

      Delete
  39. Nama: Rezon Arjuna Sanjaya
    Kelas: 7PA3

    1.Negara kita Indonesia adalah negara dengan penduduk yang beragama islam terbesar di dunia.

    Sebelum menjadi agama terbesar yang diyakini oleh rakyat Indonesia, Islam merupakan salah satu agama yang diyakini datang melalui jalur pedagang yang singgah di Nusantara Squad.

    secara teori ada 4 masuknya Islam ke Nusantara yaitu:
    - TEORI GUJARAT
    - TEORI PERSIA
    - TEORI CHINA
    - TEORI MAKAH

    ReplyDelete
  40. Nama : Alfath Arif Maulana

    Kelas : VII Pa 1

    Kesimpulan islam masuk ke nusantara:

    Ana telah mengambil kesimpulan yang sudah ana baca di atas.

    Islam di Nusantara masuk melalui para musafir dari Arab yang memiliki ghiroh atau semangat untuk mendakwahkan Islam ke seluruh dunia pada abad ke 7.

    Yang memperkuat teori ini adalah adanya sebuah perkampungan Arab di Barus, Sumatera Utara yang dikenal dengan nama Bandar Khalifah.
    Bukti lainnya adalah Samudera Pasai menggunakan mahzab yang terkenal yaitu mahzab Syafi’i. Mahzab ini juga terkenal di Arab dan Mesir pada saat itu.

    Bukti yang terakhir adalah digunakannya gelar Al-Malik bagi raja-raja Samudera Pasai seperti budaya Islam di Mesir.

    ReplyDelete
  41. Nama : M. Evan Danendra
    Kls : VII Pa 1

    1.Banyak asal muasal islam masuk kewilayah nusantara dan itu ada 4 teori:
    1.Teori Gurajat
    2.Teori Persia
    3.Teori China
    4.Teori Makkah
    Tapi ana, lebih terhubung keteori Makkah soalnya islam dinusantara masuk melalui para musafir dari arab pada abad ke-7 dan yang memperkuat teori ini adalah adanya perkampungan arab dibarus,Sumatra utara yang dikenal dengan nama bandar khalifah .Banyak lagi yang memperkuat teori ini antara lain adalah samudera pasai menggunakan mazhab yang terkenal yaitu mazhab syafi’i.Mazhab ini juga terkenal diarab dan mesir pada saat itu.Dan digunakan nya gelar AL-MALIK bagi raja-raja samudera pasai seperti budaya islam dimesir.
    2.S,Hurgronje adalah seorang sarjana belanda budaya oriental dan Bahasa serta penasehat urusan pribumi untuk pemerintah kolonial Hindia Belanda (sekarang Indonesia).Lahir diTholen,Oosterhout,8 Februari 1857-meninggal dileiden 26 juni 1936 pada umur 79.S,Hurgronje pernah berpura-pura masuk islam diaceh karena,jadi mata-mata yang dikirim oleh belanda dan mencari titik kelemahan diaceh .Pada masa itu,dia paling sukses diHindia Belanda.


    ReplyDelete
  42. Assalamualaikum, we, wb
    Nama: Reyhan Alridho Riyanto
    Kelas: 7pa1
    Topik:
    Ana menarik kesimpulan masuknya Islam ke Nusantara melalui para musafir dari Arab yang memiliki ghiroh atau semangat untuk mendakwahkan Islam ke seluruh dunia pada abad ke 7, ana juga menyimpulkan hal ini diperkuat adanya sebuah perkampungan Arab di Barus Sumatra Utara yang dikenal dengan nama Bandar Khalifah.
    Bukti lainnya adalah samudera pasai menggunakan mahzab yang terkenal yaitu mahzab SYAFII, mahzab ini juga terkenal di Arab dan Mesir pada saat itu.
    Bukti yang terakhir adalah digunakannya gelar at Malik bagi raja-raja samudera Pasai seperti budaya Islam di Mesir.
    Syukron ustadz

    ReplyDelete
  43. Fardhan Bagja Wiguna
    Kelas 7Pa2
    Teori : Kerajaan-kerajaan Islam yang berkuasa di Indonesia
    Komentar : menurut ana dengan masuk nya islam ke nusantara seperti yang telah dijelaskan oleh 4 teori diatas (Teori gujarat, teori Persia, teori China dan teori Mekkah) membuat banyak berdiri nya kerajaan islam di nusantara seperti kerajaan Demak..kerajaan Kutai Kertanegara, kerajaan Samudra Pasai, kerajaam Ternate dan kerajaan Tidore. Banyak nya kerajaan islam yang berdiri membuat penyebaran islam di nusantara semakin berkembang luas dan banyak pengikut nya.

    ReplyDelete
  44. nama:AHMAD ROCHANTORO
    kelas:7pa2
    komentar:menurut saya agama islam yang dibawa para pedagang dari berbagai daerah itu ternyata memberikan pengaruh yang cukup besar.bukan hanya banyak masyarakat nusantara masuk islam tetapi juga menjadi sebab berdirinya kerajaan kerajaan islam yang kuat di nusantara

    ReplyDelete
  45. NAMA:M.ferdinal fadli andriko
    KELAS:7pa2

    Komentar:Indonesia adalah salah satu negara islam terbesar di dunia,bahkan bisa dikatakan yang paling besar.Islam masuk ke Indonesia melalui beberapa teori yaitu teori:
    1.Gujarat
    2.Persia
    3.china
    4.mekkah

    1. Teori Gujarat
    teori ini menyatakan bahwa agama serta kebudayaan Islam diperoleh dari interaksi dengan pedagang dari daerah Gujarat, India yang berlayar melewati selat Malaka dan singgah di bumi Nusantara.kedatangan Islam ke Nusantara berkisar pada abad ke 13, melalui kontak para pedagang dan kerajaan Samudera Pasai yang saat itu berkuasa atas wilayah selat Malaka pada saat itu.Teori ini diyakini oleh S.Hurgronje.

    2.Teori Persia
    teori ini meyakini bahwa islam masuk melalui perantara Persia bukanlah dari India,Gujarat.teori ini diyakini oleh Umar Amir Husen.

    3.Teori China
    teori ini diyakini oleh Slamet Mulyana dan Sumanto Al Qurtuby.

    4. Teori Mekkah
    Teori Mekkah menjelaskan bahwa Islam di Nusantara masuk melalui para musafir dari Arab yang memiliki ghiroh atau semangat untuk mendakwahkan Islam ke seluruh dunia pada abad ke 7.Yang memperkuat teori ini adalah adanya sebuah perkampungan Arab di Barus, Sumatera Utara yang dikenal dengan nama Bandar Khalifah.
    bukti-bukti islam arab masuk ke indonesia yaitu:
    1.Samudera Pasai menggunakan mahzab yang terkenal yaitu mahzab Syafi’i. Mahzab ini juga terkenal di Arab dan Mesir pada saat itu.
    2.digunakannya gelar Al-Malik bagi raja-raja Samudera Pasai seperti budaya Islam di Mesir.
    Teori diyakini oleh beberapa tokoh seperti, Van Leur, Anthony H. Johns, T.W Arnold, dan Buya Hamka.

    ReplyDelete
  46. Nama :M.Padhiansyah Dafitrah
    Kelas :7pa1
    Cristian snouck hurgronje
    (1857-1936) adalah seorang ilmuan Belanda yang hingga kini masih menimbulkan kontroversial. Di satu sisi bagaimana pun Snouck Hurgronje harus diakui sebagai pelaku dan pencatat sejarah yang telah memberikan sumbangan paling berharga dalam memahami lika-liku politik pemerintahan Hindia Belanda di Indonesia. Di lain sisi, orang sampai hari ini masih mencaci-maki Snouck karena dianggap ia telah mempermainkan agama Islam untuk kepentingan politik Kolonial Belanda di Indonesia termasuk di Aceh.

    Karena itulah Snouck Hurgronje dianggap sebagai biang dari munculnya konflik-konflik pemahaman Islam di Indonesia. Untuk membuka wacana kita tentang siapa sebenarnya Dr Christian Snouck Hurgronje, baik ia sebagai pengabdi politik kepentingan Belanda pada zamannya, maupun sebagai agamawan atas nama Syeh Abdoel Ghafar. Ataupun sebagai ilmuan yang ahli tentang Islam (Islamologi) dalam perspektif Islam dan sebagai ilmuan dalam perspektif akademik, ataupun sebagai sejarawan dan peranannya ketika ia bertugas di Aceh.

    ReplyDelete
  47. Nama :Rezaul Pasya
    Kelas:VII Pa 1

    Ahli sejarah menuliskan setidaknya ada 4 teori bagaimana proses masuknya Islam ke Nusantara.tiap teori dikemukakan melaui rentan waktu yang berbeda-beda.ada teori yang menyatakan abad ke tujuh,serta ada teori yang menyatakan abad ke 13.
    1.teori gurajat
    Teori ini menyatakan bahwa agama serta kebudayaan Islam diperoleh dari interaksi dengan pedang dari daerah gujarat.Dalam teori ini dijelaskan bahwa kedatangan Islam ke Nusantara berkisar pada abad ke 13.
    2.Teori Persia.
    Umar Amir Husen dan hoesein Djadjadiningrat meyakini terorinya bahwa Islam masuk ke Nusantara melalui para pedagang yang berasal dari persia.
    3.teori China
    Teori ini dinyatakan bahwa migrasi masyarakat Muslim China dari canton ke nusan Tara melalui perantara masyarakat Muslim China.
    4.teori mekkah.
    Teori Mekkah menjelaskan bahwa Islam di Nusantara masuk melalui para musafir dan Arab yang memiliki ghiroh atau semangat untuk mendakwahkan Islam ke seluruh dunia pada abad ke 7.

    ReplyDelete
  48. Nama Athallah Nur Syaddad
    Kelas 7Pa2
    Teori : Kerajaan-kerajaan Islam yang berkuasa di Indonesia
    Komentar : menurut ana dengan masuk nya islam ke nusantara seperti yang telah dijelaskan oleh 4 teori diatas (Teori gujarat, teori Persia, teori China dan teori Mekkah) membuat banyak berdiri nya kerajaan islam di nusantara seperti kerajaan Demak..kerajaan Kutai Kertanegara, kerajaan Samudra Pasai, kerajaam Ternate dan kerajaan Tidore. Banyak nya kerajaan islam yang berdiri membuat penyebaran islam di nusantara semakin berkembang luas dan banyak pengikut nya.

    ReplyDelete
  49. Nama : M.RAFI AL-KHASYAF
    Kelas: 7pa3
    1.Christiaan snouck hurgroje adalah seorang sarjana belanda budaya oriental dan bahasa serta penasehat urusan pribumi untuk pemerintah kolonial hindia belanda (Indonesia). Dia merupakan mata-mata yang dikirimkan oleh belanda ke Aceh dengan berpura-pura masuk islam dan memata-matai Aceh untuk membuka peluang Belanda menyerang Aceh.

    2. Kerajaan Sri Wijaya

    ReplyDelete
  50. Prataya fateh nst
    7 pa 3
    Indonesia adalah negara yang banyak masyarakatnya ber agama islam dan Islam masuk dengan 4 teori
    1.teori gurajat
    2.teori persia
    3.teori china
    4.teori makkah

    ReplyDelete
  51. Nama : M. Rizky Ali Yafi Ramadhan
    Kelas : 7 PA 1

    Komentar ana :
    1. Christiaan Snouck Hurgronje (lahir di Tholen, Oosterhout, 8 Februari 1857 – meninggal di Leiden, 26 Juni 1936 pada umur 79 tahun) adalah seorang sarjana Belanda budaya Oriental dan bahasa serta Penasehat Urusan Pribumi untuk pemerintah kolonial Hindia Belanda (sekarang Indonesia)

    2. Teori China
    Teori ini diyakini oleh Slamet Mulyono dan Sumanto Al Qurtuby yang menyatakan pendapat bahwa sebenarnya kebudayaan islam masuk ke nusantara melalui perantara masyarakat muslim china.
    Dalam teori china ini dinyatakan bahwa migrasi masyarakat muslim china dari canton ke nusantara khusus nya palembang pada abad ke 9,yang jadi awal mula masuknya budaya islam ke nusantara.
    Canton itu merupakan suatu yang berada di guangzow china, daerah ini memang menjadi salah satu daerah yang banyak penduduk muslim hingga saat ini.
    Teori diperkuat dengan adanya bukti bahwa raden patah(raja demak) merupakan keturunan china bahkan pada waktu itu penulisan raja raja demak menggunakan istilah china, dan catatan sejarah yang bahwa pedagang cinalah yang pertama menduduki pelabuhan di nusantata




    ReplyDelete

Post a Comment

Berlangganan via Email