Beginilah Kehidupan Masyarakat pada Masa Penjajahan Kolonial

Bang Mamad Edukasi - Belajar sejarah, membosankan! Tidak juga ternyata belajar sejarah itu sangat mengasyikkan. Kita bisa menyelami kehidupan di masa lampau untuk dijadikan ke kehidupan kita masa kini. Bukan tidak Dan boleh jadi jalan yang kamu lewati setiap hari merupakan hasil dari kesepakatan beberapa pihak di masa lalu.

Sobat baca juga :  Wisata Paling Hits Di Kerinci ini Akan Membuatmu Tercengang

Kali ini kita akan membahas mengenai kehidupan masyarakat di masa penjajahan. Kali ini kita akan membahas terlebih dahulu bagaimana kondisi di masa penjajahan kolonial Belanda. Yuk dipahami baik-baik.

Pada masa kolonial, perkebunan Indonesia mengalami perkembangan yang sangat pesan guys. Hal ini dikarenakan kebutuhan ekpor pemerintah Kolonial yang tinggi. sehingga lahan pertanian menjadi bertambah. Perusahaan asing dilibatkan oleh pemerintah kolonial, untuk membuka hutan Indonesia menjadi lahan perkebunan.
Akibat kebijakan ini, berpengaruh juga kepada rakyat kita. Karena semua itu dikerjakan oleh masyarakat kita.  Nggak mungkin hutan ditebas, dijadikan lahan pertanian lalu nggak ada kehidupan di sekitar sana. Gara-gara Kolonial yang berfokus pada hal ini, mau nggak mau, penduduk kita jadi tersebar. Salah satunya, karena adanya perjanjian Politik Etis yang memberikan tiga keuntungan: 1) Irigasi, 2) Transmigrasi, dan 3) Edukasi. 

Contohnya beberapa hutan di Sumatera dibabat menjadi lahan perkebunan dan pertanian serta sebagian dijadikan sarana irigasi. Ada juga yang dijadikan lumbung padi sebagai pemasuk kebutuhan masyarakat saat itu.

Saluran air Bendung Komering 10 di Kabupaten OKU Timur adalah salah satu bukti peninggalan sejarah nyata pada masa itu. Sampai saat ini, masih dimanfaatkan dengan baik untuk lahan sekitar.

Infrastruktur seperti jalan raya, rel kereta, dan telepon juga terus dibangun selain berfokus kepada pertanian dan perkebunan. Tentunya pembangunan tersebut untuk menunjang akses dan kemajuan pertanian dan perkebunan pemerintah Kolonial.

Pembangunan Jalan Raya POS oleh Herman Willem Daendels .
Kedatangannya ke Batavia pada 5 Januari 1808. Gubernur Jenderal Herman Willem Daendels diberi tugas menjaga Hindia agar tidak direbut oleh Inggris yang saat itu berkuasa di India. Negerinya Shah Rukh Khan.

Daendels demi menjalankan tugasnya kemudian membuka jalan dari Anyer (Banten) sampai Panarukan (Situbondo, Jawa Timur). Panjangnya sekitar 1000 km. 

Menyedihkannya proyek ambisius Daendels ini berbuah penderitaan bagi rakyat pribumi. Mahakarya yang ia banggakan ini memperkejakan pribumi secara paksa tanpa upah.

Sering dengar jalur pantura di berita-berita saat mudik. Nah jalan raya inilah yang disebut Jalur Pantura (pantai utara).

Jalan yang ramai  dilewati pemudik ketika lebaran ini, dikatakan oleh Jan Breman kalau proyek jalan ini menelan belasan ribu korban jiwa.

sumber : SindoNEWS

Itulah ironisnya pembangunan yang ditinggalkan oleh Daendels. Jalanan begitu panjang menyisakan begitu kenangan yang memilukan. Belasan ribu pahlawan kita tewas ketika itu untuk membangun jalan ini.

Bayangkan coba kalau hal ini terjadi di masa sekarang?  Sedang asyik rebahan, dengan hp layar miring.Tiba-tiba mak manggil ‘Gali jalan lo sono! Tiduran aje?!. Sedih bukan! lebih menyedihkan kalau menjalankan hubungan tanpa kejelasan (alias pacaran). Jagain jodoh orang ya kan?

Masa penjajahan kolonial juga merupakan masa di mana kita pertama kali menggunakan uang sebagai alat pembayaran tenaga kerja. Dari segi tingkatan sosial ya saat itu kebanyakan masyarakat kita di strata rendah alias pesuruh. Padahal kita yang tuan rumah. Makanya jangan mau dijajah.

Pribumi yang sebelumnya birokrat harus tunduk kepada kompeni-kompeni ini. Para raja dan bupati, harus lengser karena sistemnya diubah. Kolonial lebih memilih gubernur jenderal, residen, bupati dalam sistem pemerintahannya. Sisi baiknya, kaum pribumi yang selama ini terkotak-kotak oleh kerajaan, kini mulai bersatu.

Kita, sedikit demi sedikit, disatukan dalam identitas bernama Indonesia. Makanya sekarang penjajahan makin modern. Kita harusnya makin pintar. Orang-orang menjajah kita secara ekonomi tak kasat mata memang, tapi itulah kenyataan.

Seharusnya kita belajar dari masa kolonial yang begitu keras memperjuangkan kemerdekaan bangsa ini. Sekarang kita menjadi kaum rebahan yang asyik dengan HP. Harusnya kita peduli dengan bangsa ini, jangan sampai kita dijajah lagi dengan penjajahan yang lebih menyakitkan. Tak dirasakan tapi kita menderita.
Yuk baca juga Hafidz Quran ini Gemar Traveling Lho ! Ke Mana Saja dia ?

45 comments for " Beginilah Kehidupan Masyarakat pada Masa Penjajahan Kolonial "

  1. Replies
    1. Setiap negara yang di jajah akan merasakan banyak perubahan dari semua segi kehidupan masyarakat dan banyak membawa kesengsaraan bagi negara yang dibawah.
      Pertanyaannya:
      Dampak positif penjajahan Belanda di bidang pendidikan...

      Delete
  2. Hafizd sidiq
    Bagaimana cara menjajah balik secara modern dan tampa diketajui

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rajin belajar...gak usah jadi penjajah....urus yang kita punya saja

      Delete
  3. Assalamualaikum ustadz,ini Diandra kelas (8pa3):dijaman pendemi Corona ini,bukanya dengan hanya rebahan kita sudah turut melindungi negri ini!?

    ReplyDelete
  4. Aji
    Apa saja Cara untuk negara kita supaya negara kita tidak menjadi seperti dulu lagi

    ReplyDelete
  5. Maalik ikraam
    Bagaimana cara kita untuk memperjuangkan kemerdekaan dimasa pandemi corona ini?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cukup jadi kaum rebahan, sambil melakukan hal bermanfaat di rumah...mislanya rebahan sambil menghafal, tilawah atau menulis

      Delete
  6. Assalamu'alaikum.Ini Andheru Akbar 8putra3,pertanyaannya:Belajar Dari Sejarah Bangsa Yang Pernah Dijajah, Sebagai Kaum Milenial Apa Yang Bisa Dilakukan Untuk Menjadi bangsa Yang Merdeka Seutuhnya Baik Dari Sisi Ekonomi, Sosial-budaya, Agama, Dan sebagainya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah pertanyaan yang sulit, besok kita pecahkan sama2

      Delete
  7. M. Rafi W (8pa3)

    Hasil kerja keras rakyat Indonesia masa penjajahan yang sampai mengorbankan nyawa, masih bermanfaat sampai sekarang. Jalan, Irigasi, Pertanian dan perkebunan menjadi fasilitas. Ini membuktikan bahwa, perjuangan, hasil jerih payah rakyat jaman penjajahan tidak sia-sia. Sekarang, sebagai generasi penerus bangsa ini, maka kewajiban kita semua tetap berjuang dalam bidang kita masing-masing. Sebagai pelajar, maka kita berjuang dengan belajar lebih giat lagi.

    ReplyDelete
  8. ulu azmi bagai mana caranya mempertahan kan bang sa indonesia dari penjajahan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aditya r:
      Brapa lm masa tersebut terjadi?

      Delete
    2. Rajin belajar kemudian banyak membaca....terus kelola SDA yang ada dengan baik dan bijak

      Delete
  9. AditYa ramadhan *pertanyaan*
    #Berapa lama masa kolonial tersebut terjadi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Melihat catatan waktu, VOC mulai menancapkan kukunya di Nusantara pada 1602 sampai 1945

      Delete
    2. Azizul Iqram
      Apa saja peran pelajar/pemuda pada saat zaman kolonial Belanda yang bisa dijadikan contoh untuk pelajar/pemuda zaman milenial?

      Delete
  10. Luthfi AG 8pa3
    Assalamu'alaikum
    Ust penjajahan tak kasat mata itu apa contohnya..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. antum sering lihat orang main game di hp sampai lupa waktu kan... atau antum tahu siapa yang menguasai kekayaan alam Indonesia, Freeport misalnya

      Delete
  11. Alhamdulillah belajar sejarah mengasyikan sekarang ana sudah paham apa yang dialami oleh rakyat indonesia pada masa kolonial

    ReplyDelete
  12. bagaimana cara memperlihatkan bukti perjuangan pahlawan dimasakolonial? (IBNU)

    ReplyDelete
  13. mc.kenzy wijaya amri
    Bagaimana pemerintah bisa membebaskan masyarakatnya dari penjajahan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berjuang sesuai zaman kita, zaman dahulu pakai tenaga, strategi dan senjata, kalau sekarang kita berjuang dengan IPTEK dan iman

      Delete
  14. ALFI
    Bagaimana sistem edukasi/pembelajaran yang diterapkan pada masa penjajahan kolonial belanda?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa di baca di sini, insyaallah ok https://konsepblackbook.blogspot.com/2012/03/sistem-pendidikan-indonesia-pada-masa.html

      Delete
  15. Nama saya Wajihah kelas VIII..
    Hasil kerja keras rakyat Indonesia masa penjajahan yang sampai mengorbankan nyawa, masih bermanfaat sampai sekarang. Jalan, Irigasi, Pertanian dan perkebunan menjadi fasilitas. Ini membuktikan bahwa, perjuangan, hasil jerih payah rakyat jaman penjajahan tidak sia-sia.
    Untuk itu kita sebagai generasi penerus bangsa atau generasi milenial untuk melestarikan dan menjaga hasil perjuangan pada saat penjajahan.

    ReplyDelete
  16. Raffy farza pertanyaan
    "Sekarang indonesia sebagian besar telah memiliki ekonomi modern jadi,itu akan membuat penjajahan baru di indonesiajadi,bagaimana cara kita untuk menghindari perilaku tersebut & bagaimana cara mebgatasinya?

    ReplyDelete
  17. Rafiki

    Pada tahun berapa itu terjadi dan bagaimana kita terlepas dari penjajahan ekonomj

    ReplyDelete
  18. Mfatihhusain,8pa3,berapa lama masa penjajahan itu berakhir dan mengapa kolonial lebih memilih gubernur jendral,residen,bupati dalam sistem pemerintahannya?

    ReplyDelete
  19. Reyhan AJ

    Bagaimana cara pemerintah untuk mengatasi penjajahan/kolonila tersebut?

    ReplyDelete
  20. Ilham Maulana
    Ustadz apakah yang dimaksud dengan perjanjian politik etis??

    ReplyDelete
  21. Ilham Maulana
    Ustadz apakah yang dimaksud dengan perjanjian politik etis??

    ReplyDelete
  22. Abimanyu VIII pa3

    Menurut abim kehidupan masyarakat pada zaman penjajahan kolonial sangatlah berpengaruh bagi kehidupan masyarakat sekarang. Banyak peristiwa-peristiwa yang menghasilkan kemajuan bagi bangsa Indonesia, misalnya perkebunan di Indonesia yang berkembang begitu cepat, adanya pembangunan jalan, persebaran penduduk, berkembangnya sarana transportasi, dan pertama kali pemakaian uang sebagai alat pembayaran yang sah.
    Akan tetapi semua perkembangan ataupun kemajuan yang memudahkan masyarakat pada zaman sekarang tersebut banyak memakan korban, contohnya pada saat pembuatan jalan yang di pimpin oleh Daendels, dia memperkerjakan secara paksa rakyat Indonesia, sehingga banyak yang menjadi korban.
    Untuk itu kita sebagai generasi muda harus menghargai dan mengingat semua jasa para pahlawan yang terkenal maupun tidak dikenal dengan cara belajar dengan baik dan penuh semangat, jangan sampai di zaman yang modern ini kita dijajah oleh bangsa lain.

    ReplyDelete
  23. nabil renovwal

    menurut saya penjajahan tersebut membuat kita memiliki sebuah pemikiran baru untuk membuat negara ini lebih maju, menurut ustad,jika kita tidak dijajah pada zaman dulu,apakah negara ini bisa berkembang seperti sekarang?

    ReplyDelete
  24. Bagaimana caranya agar kita bisa menjaga dan memperthankam negeri kita ini tadz,dan bagaimana cara kita memanfaatkan SDA yg sudah ad dgn baik??

    ReplyDelete
  25. Bagaimana caranya agar kita bisa menjaga dan memperthankam negeri kita ini tadz,dan bagaimana cara kita memanfaatkan SDA yg sudah ad dgn baik??

    ReplyDelete
  26. Ariq bachtera

    "apa upaya yang harus kita lakukan agar Indonesia terlepas dr penjajahan yang seutuhnya???

    ReplyDelete
  27. Fr kelas jeddah#pertanyaan#
    Bagaimana upaya kita melindungi negara Indonesia ini ustadz..,agar tidak di jajah lagi..???

    ReplyDelete
  28. Raihan AL Cara Mempertahankan Kemerdekaannya gimana??

    ReplyDelete

Post a Comment

Berlangganan via Email