5 Tips Penggunaan WhatsApp Agar Work From Home Semakin Maksimal

Bangmamad.com, Jakarta - WhatsApp tidak dimungkiri telah menjadi salah satu aplikasi chatting yang banyak digunakan selama beraktivitas di rumah di tengah pandemik Covid-19 sekarang ini.

sumber : dream.co.id
Tidak hanya berkomunikasi dengan orang terdekat, kebutuhan komunikasi dengan rekan kerja pun kerap memanfaatkan aplikasi ini. Karenanya, laporan terbaru menyebut penggunaan WhatsApp kini sedang meningkat.

Hasil riset Kantar pun menunjukkan penggunaan aplikasi milik Facebook ini meningkat hingga 40 persen, terutama di antara pengguna 18-34 tahun, selama masa pandemik Covid-19.


Oleh sebab itu, penting untuk mengoptimalkan penggunaan WhatsApp di tengah kondisi saat ini. Lantas, seperti apa cara untuk tetap menjaga komunikasi selama masa work from home ini?

Nah, berikut ini ada beberapa tips sederhana dari WhatsApp untuk para pengguna agar tetap dapat berkomunikasi secara lancar, baik dengan rekan kerja maupun orang terdekat.

1. Manfaatkan Fitur Tandai Pesan (Star atau Bintang)

Ketika bekerja dari rumah, hampir mungkin seluruh koordinasi akan dilakukan dalam beberapa grup berbeda. Karenanya, tidak jarang notifikasi beberapa pesan yang mungkin penting tertutupi oleh pesan baru.

Oleh sebab itu, kamu dapat memanfaatkan fitur Tandai atau Star di WhatsApp, sehingga pesan penting yang mungkin terlewat tadi dapat ditemukan dengan lebih mudah.

Cara untuk memanfaatkan fitur ini pun terbilang mudah, pengguna cukup ketuk dan tahan pesan yang ingin ditandai, lalu pilih Bintang. Setelahnya, kamu dapat mengakses pesan itu dari menu Pesan Berbintang (Starred Messages).

Sementara untuk dokumen, tautan, atau file media yang terlupakan, kamu dapat mengaksesnya dari bagian khusus di setiap ruang chat. Setelah menemukannya, kamu tinggal memberikan tanda bintang.

2. Sesuaikan Notifikasi Pesan yang Masuk

Hal lain yang kerap dialami dalam kondisi ini adalah banyaknya notifikasi, mulai dari grup yang penting hingga tidak terlalu berkaitan dengan kegiatanmu.

Untuk itu, kamu perlu melakukan kustomisasi notifikasi. Kamu dapat melakukannya dengan mengetuk nama atau grup, lalu pilih Notifikasi Khusus (Custom Notifications) dan atur sesuai kebutuhanmu.

Cara lain yang dapat dilakukan adalah membisukan notifikasi dari sejumlah kontak. Dengan fitur ini, kamu juga dapat menentukan jangka waktu notifikasi pesan tidak muncul.

3. Sematkan Chat

Seringkali, percakapan di WhatsApp banyak dilakukan di banyak grup. Karenanya, untuk membantu pengguna tetap fokus pada percakapan tertentu, kamu dapat memanfaatkan fitur Sematkan Chat (Pinned Chat).

Dengan fitur ini, kamu tidak perlu lagi mencari-cari percakapan yang memang harus mendapat respons cepat, apalagi yang sudah tertumpuk dengan deretan chat lain.

Untuk melakukannya, kamu tinggal ketuk dan tahan chat yang ingin disematkan, lalu klik ikon Pin dan percakapan langsung berada di bagian atas.

Sementara bagi pengguna iPhone, mereka tinggal menggeser percakapan ke kanan dan pilih ikon pin untuk memanfaatkan fitur ini.

4. Whatsapp Jamin Pesan Aman

WhatsApp juga menjamin keamanan dokumen pekerjaan yang mungkin dikirimkan melalui platformnya. Perusahaan memastikan layanannya sudah terenkripsi secara end-to-end.

Berbekal hal itu, pesan, foto, video, pesan suara, dokumen, pembaruan status, hingga panggilan tidak dapat dilihat orang lain. WhatsApp menjamin informasi itu hanya ada di antara penerima dan pengirim.

5. Istirahat Sejenak dan Sapa Orang Terdekat

Hal lain yang tidak kalah penting kamu lakukan adalah menyapa orang-orang terdekat. Jadi, tidak ada salahnya kamu istirahat sejenak dan menghubungi teman atau keluarga dengan memanfaatkan fitur panggilan suara WhatsApp.

Fitur panggilan suara di WhatsApp juga dapat dilakukan dalam grup, hingga empat orang. Kamu tinggal memilih kontak yang ingin ditelpon, setelah terhubung kamu dapat menambahkan kontak lain dengan ketuk ikon Add Friends.

Disadur dari liputan6.com (16/04/2020)

Post a Comment for "5 Tips Penggunaan WhatsApp Agar Work From Home Semakin Maksimal"

Berlangganan via Email