15 Negara Ini Masih Nol Kasus Corona, Apa Rahasia Mereka?

BM News -  Hingga hari ini, sudah lebih dari 2,6 juta kasus virus corona (Covid-19) dilaporkan secara global. Mungkin mudah untuk menyebutkan bahwa wabah yang ditakuti itu telah menyebar ke setiap sudut dunia.

Akan tetapi, faktanya masih ada 15 negara di Asia, Afrika, dan Oseania yang mengklaim zero case alias nol kasus Covid-19. Data itu seperti dihimpun oleh Universitas Johns Hopkins di Baltimore, Maryland, Amerika Serikat.

Beberapa negara yang melaporkan belum ada kasus Covid-19 terletak di lokasi terpencil, seperti daerah kepulauan Mikronesia dan Polinesia, sehingga mereka secara alami telah terisolasi secara posisi geografis.

Untuk negara-negara lain, seperti tiga negara Asia—yang di antaranya tidak memiliki perbatasan alami—masih harus dilihat apakah benar-benar memiliki laproan yang akurat. Untuk lebih perincinya, berikut 15 negara yang mengklaim belum ada kasus infeksi oleh Covid-19 hingga Kamis (23/4/2020) ini, seperti dilansir Alarabiyah:

Komoro
Pemandangan di Satu Sisi Negara Komoro (sumber: Republika)

Negeri kepulauan di lepas pantai timur Afrika ini adalah salah satu negara yang paling jarang dikunjungi di dunia, yaitu hanya mencatatkan 36.000 kunjungan per tahun. Kondisi ini juga sangat membantu Pemerintah Komoro saat menangguhkan semua penerbangan internasional sampai pemberitahuan lebih lanjut.

Kiribati
Masyarakat Kiribati (sumber: kompas.internasional)

Negeri ini hanya mencatatkan 6.000 kunjungan dari luar negeri per tahun. Kiribati adalah salah satu tujuan perjalanan yang paling sulit dijangkau di dunia. Kondisi ini juga amat membantu penduduknya untuk mengisolasi diri dari pandemi Covid-19.

Lesotho
Lesotho, Salah Satu Negara yang Belum Ada Kasus Corona (foto: tribunnews.com)

Bersama dengan Komoro, Lesotho adalah satu dari dua negara Afrika tanpa satu pun korban virus corona. Akan tetapi, negeri tetangganya Afrika Selatan justru telah melaporkan ribuan kasus infeksi Covid-19 yang dikonfirmasi. Kelihatannya, sangat mustahil jika virus asal China itu belum mencapai Lesotho. Ada kemungkinan bahwa kasus-kasus infeksi di sana belum teridentifikasi atau terdata secara resmi.

Kepulauan Marshall
Kepulauan Marshall Dikatan Bebas Dari COVID-19 (foto: idntimes.com)

Negara ini memang terbilang jauh dari hiruk-pikuk dunia internasional. Terlebih lagi, pihak berwenang di sana telah memperkenalkan beberapa langkah pencegahan, termasuk larangan penuh atas kedatangan internasional.

Mikronesia
Negara Nan Indah, Bebas Corona (foto: futuready.com)

Kepulauan yang luas ini mencakup 607 pulau yang tersebar di Samudera Pasifik. Namun, tidak ada kasus virus corona yang dilaporkan sejauh ini.

Nauru
Negara Kecil ini Sih, Katanya Masih Bebas COVID-19 (foto: Twitter.com)

Dengan populasi hanya sekitar 10.000 jiwa, negara kecil ini hanya memiliki satu rumah sakit dan tidak ada ventilator. Hanya sekitar 200 wisatawan yang melakukan perjalanan ke Nauru setiap tahun. Tidak mengherankan jika sampai saat ini negeri yang pernah makmur karena tambang fosfatnya itu masih bebas dari wabah Covid-19.

Korea Utara
Sepertinya Corona Pun Takut Masuk Negara Satu Ini (foto: Travel.tribunnews.com)

Bukan sesuatu yang aneh bila Korea Utara masih mengklaim nol kasus Covid-19. Ini karena negara tersebut terkenal dengan kebijakan pintu tertutup alias politik isolasinya. Negara ini sejak dulu telah memisahkan diri dari lingkungan dunia luar dan selalu irit untuk mengumumkan data dan fakta.

Mengingat bahwa Korea Utara berbatasan dengan Cina, Rusia, dan Korea Selatan, sangat tidak mungkin negara komunis itu tidak memiliki kasus infeksi Covid-19. Yang menarik, warga Korea Utara sangat rentan terhadap infeksi saluran pernapasan, yang menyumbang lebih dari 11 persen kematian penduduk di sana setiap tahun, menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Palau
Masyarakat Palau (foto: republika)

Untuk mencegah virus, negara kepulauan di Samudera Pasifik ini telah melarang kedatangan wisatawan melalui Tiongkok, Makau, atau Hong Kong.

Samoa
Keindahan Pulau Samoa (foto: pojoksatu.id)

Dengan jumlah penduduk 198.413 jiwa, Samoa diduga sukses menjaga wilayahnya dari ancaman wabah virus corona. Akan tetapi, keadaan darurat diumumkan pada 20 Maret lalu dan semua perjalanan internasional lewat udara kini telah dilarang di negara Pasifik itu.

Kepulauan Solomon
Kepulauan Solomon (foto: republika)

Sejauh ini, tidak ada kasus virus corona yang dilaporkan di negara kecil ini. Sejak 23 Maret lalu, semua nonwarga negara telah ditolak masuk ke sana.

Tajikistan
Negara Tajikistan (foto: eramuslim.com)

Mengingat perbatasan darat Tajikistan dengan China, tampaknya tidak mungkin negara yang berpenduduk lebih dari sembilan juta ini sukses sepenuhnya menghindari wabah virus corona. Namun, sampai sekarang belum ada laporan kasus infeksi Covid-19 yang dikonfirmasi di negara itu.


Tonga betul-betul berusaha keras menghindari Covid-19, menurut statistik resmi. Negara ini telah menutup perbatasannya untuk semua pelancong dan memberlakukan jam malam secara nasional.

Turkmenistan
Negara Unik Satu Ini juga Belum Ada Kasus Corona (foto: Boombastis.com)

Turkmenistan juga mengklaim tidak memiliki kasus virus corona, meskipun lokasinya terjepit di antara dua negara yang paling terdampak Covid-19 di dunia yaitu China dan Iran.

Tuvalu
Negara Terpencil Ini Belum Ada Kasus Corona (foto: Boombastis.com)

Dengan hanya 2.000 pengunjung setiap tahun, tidak mengherankan bila tidak ada laporan tentang kasus virus corona di negara Pasifik ini.

Vanuatu
Keindahan Vanuatu (foto: airvanuatu.com)

Seperti beberapa negara Oseania lainnya, tak ada satu pun dari 307.145 penduduk Vanuatu yang dites positif mengidap Covid-19.

Post a Comment for "15 Negara Ini Masih Nol Kasus Corona, Apa Rahasia Mereka?"

Berlangganan via Email