10 Tips Modif Motor Kesayanganmu Biar Keren dan Tidak Alay

Bangmamad.com - Bukan hanya untuk mempercantik motor, modifikasi motor kini sudah menjadi hobi sebagian orang terutama pecinta otomotif.

sumber : pixabay.com
Dengan modifikasi ini, selain membuat tampilan motor lebih cantik juga akan membuat pengendaranya percaya diri dan memiliki kepuasan tersendiri.

Jika kamu tidak punya banyak biaya untuk memodifikasi motor di bengkel mahal, kamu bisa kok memodifikasi motor sendiri. Lalu apa sajakah hal-hal yang harus dipersiapkan untuk memodifikasi motor? 

Dilansir dari ANTARA, Agus Gusno dari komunitas pegiat otomotif Pasar Jongkok (Parjo) membagikan tips hal-hal yang harus dipersiapkan untuk memodifikasi motor. 

Berikut ulasannya. 

1. Mengetahui jenis motor yang akan dimodifikasi

Mengetahui jenis motor yang akan dimodifikasi menjadi hal yang sangat penting,  apakah itu motor matik, motor bebek/cub, ataukah motor sport.

"Misalnya basic-nya matik, itu nantinya mau dibuat gimana. Elegan, atau ekstrim?" kata Agus.

Menurut Agus, basic motor adalah hal penting pertama yang harus dilakukan agar nantinya mudah untuk menentukan modif yang akan kita gunakan.

2. Tentukan model motor

Usai mengetahui jenis motor, hal selanjutnya yang bisa kamu lakukan ialah menentukan model modifikasi seperti apa yang akan digunakan.

Jika pemilik memilih konsep modifikasi motor yang sederhana, namun tetap terlihat elegan dan stylish, maka jenis aksesori yang dapat digunakan untuk modifikasi adalah seperti jari-jari pelek roda, stiker, spion, piringan rem cakram, dan lainnya. 

3. Siapkan keuangan keuangan 

Setelah menentukan jenis motor dan model, kamu harus mempersiapkan keuangan atau budget untuk memodifikasi motor. 

"Lalu soal budget, kira-kira limit budget-nya berapa? Nah baru dari situ nanti kita bisa lihat dan tentukan reparasi builder-nya, mau ke rumah modifikasi yang mana," kata Agus.

Namun, Agus menyarankan jika pemilik motor ingin memodifikasi sendiri, harus memiliki kemampuan dasar untuk membongkar-pasang kendaraan roda dua itu, walaupun saat ini terdapat custom kit yang praktis dan mudah diaplikasikan bagi pemula.

"Sekarang sudah banyak yang custom kit gitu, tinggal plug and play. Jadi yang misalnya mau ganti tanki, udah ada tanki modifannya, tinggal copot lalu ganti," ujar Agus. (Sumber : Indozone.Id)

4. Jangan pakai knalpot bising di motor kamu

Knalpot bising jangan kamu gunakan ya, karena ini bakalan ganggu pengendar lain di sekitar kamu. Alih-alih tampil keren, kamu malah terlihat nyebelin karena suara motor yang mengganggu konsentrasi. 

5. Jangan mengubah dimensi ban kamu dengan ukuran yang lebih kecil.

Ini malah bikin rem motor kamu susah mencengkram ban. Selain bahaya, motor kamu juga kelihatan mini. 

6. Jangan terlalu ekstrim saat mengubah warna kendaraan 

Nah ini karena nantinya motor kamu malah tidak sama dengan spesifikasi yang ada di STNK.

7. Jangan bikin motor kamu terlalu ceper

Ini berpotensi membentur ban dan akan mengakibatkan kerusakan yang parah saat kamu berkendara dengan kondisi kencang, lalu gagal menghindari jalanan berlubang. 

8. Jangan menambahi lampu-lampu motor yang terlalu banyak.

Ini malah membuat aki motor kamu cepat habis dan juga membuat motor kamu menjadi warna-warni layaknya odong-odong. 

9. Jangan mengganti lampu depan motor kamu dengan lampu jauh yang menyala terlalu terang.

Ini akan membuat lampu motor kamu menghalangi laju pandangan pengendara lain dari arah sebaliknya. 

10. Hindari menempeli sticker-sticker yang nggak perlu 

Sticker itu malah membuat motormu semakin alay. Jadi gunakan secukupnya saja ya, agar motorkamu kelihatan kece kekinian dan gak alay. (lihat versi asli)


Post a Comment for "10 Tips Modif Motor Kesayanganmu Biar Keren dan Tidak Alay"

Berlangganan via Email