10 Tempat Wisata di Brebes yang Hits, Lokasinya dan Harga Tiket!

Bangmamad.com - Berebes bukan cuma dikenal sebagai Kota Telur Asin, Brebes juga memiliki tempat wisata menarik yang bisa kamu kunjungi. Semuanya tampak begitu memesona.

Berikut Bangmamad rangkum beberapa destinasi atau tempat wisata di Brebes yang paling hits beserta dengan lokasinya dan info harga tiket masuknya. Simak yuk di bawah ini!

1. Ranto Canyon

sumber: instagram @instabumiayu

Air Terjun Ranto Canyon bisa dicapai setelah menyusuri aliran sungai sepanjang 769 meter. Sepanjang perjalanan, kamu akan disuguhkan pemandangan eksotis. Perjalanan semakin menyenangkan ketika kamu melewati aliran sungai yang diapit dua tebing.

Lokasi: Desa Winduasri, Kecamatan Salem, Brebes

Tiket masuk: Rp30 ribu per orang (sudah termasuk pemandu, helm, dan pelampung)

2. Curug Bentar

sumber : instagram @explorebrebes

Siapkan pakaian ekstra ketika liburan ke Curug Bentar. Sebab, air terjun setinggi 35 meter ini menjadi tempat yang pas untukmu bermain air. Bahkan, alam di sekitarnya juga sangat indah, sehingga kamu tak mau cepat-cepat pulang.

Lokasi: Desa Bentar, Kecamatan Salem

Tiket masuk: Rp5.000


3. Wisata Alam Kaligua

sumber : instagram @explore_kaligua

Di mana pun ada kawasan perkebunan teh, pasti akan membuat kita nyaman. Termasuk saat kamu singgah ke Wisata Alam Kaligua yang menyuguhkan udara segar dan pemandangan menakjubkan. Jaraknya tidak terlalu jauh, hanya memerlukan waktu tempuh 30 menit dari Bumiayu.

Lokasi: Desa Pandansari, Kecamatan Paguyangan, Kabupaten Brebes

Harga tiket: Rp10 ribuan

4. Waduk Malahayu

sumber : instagram @nabilul_anam

Waduk Malahayu menawarkan panorama alam berupa pegunungan dan perbukitan. Tak jarang banyak wisatawan yang memanfaatkannya sebagai tempat berkemah. Fasilitasnya pun cukup memadai, tersedia tempat parkir, kamar mandi, warung makan, tempat beristirahat, dan sebagainya.

Lokasi: Perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Barat, tepatnya di Kecamatan Banjarharjo, Kabupaten Brebes

Tiket masuk: Rp5.000

5. Mangrove Pandansari

sumber : instagram @jogjajateng

Dengan lahan seluas 200 hektare, Pandansari menjadi habitat bagi dua juta lebih pohon bakau. Di sini, kamu bisa menyusuri kawasan pesisir menggunakan kapal kecil. Selain itu, kamu juga bisa menelusuri hutan atau napak tilas di sebuah pulau pasir.

Lokasi: Desa Kaliwlingi, Kecamatan Brebes (sekitar 10 menit dari pusat kota)

Harga tiket: Anak-anak Rp10 ribu dan orang dewasa Rp20 ribu

6. Candi Pangkuan
langitindahnusantara.com

Candi Pangkuan merupakan sebuah monumen bersejarah berupa batu lonjong setinggi 50 meter. Di sekitarnya, kamu bisa melihat banyak makam yang tiga di antaranya dipercaya sebagai orang pertama yang tinggal di Brebes bagian selatan. Mereka adalah Kyai Wisnu, Kencana Wungu, dan Nyi Rantam Sari.

Lokasi: Desa Cilibur, Kecamatan Paguyangan, Kabupaten Brebes
Tiket masuk: Gratis

7. Desa Wisata Ciseureuh

gpswisataindonesia.info

Objek wisata satu ini rasanya sangat tepat buat kamu yang pengin belajar mengenai budaya khas Brebes. Kamu bisa tahu tradisi mereka bersyukur kepada Tuhan melalui upacara Ngasa. Tak kalah menarik, ada rumah khas mereka yang tidak boleh beratapkan genting, berlantai keramik, dan bertembok.

Lokasi: Desa Ciseureuh, Kecamatan Ketanggungan, Kabupaten Brebes

Tiket masuk: Gratis

8. Bukit Panenjoan

Instagram.com/okasubarkah

Gak akan rugi berkendara sejauh 2,5 jam dari pusat kota menuju Bukit Panenjoan. Setibanya di sini, kamu akan merasakan keindahan alam yang sangat cantik, terutama saat sunrise. Jangan lupa bawa kamera, karena ada begitu banyak spot selfie menarik di sini.

Lokasi: Dusun Babakan, Desa Wanoja, Kecamatan Salem, Brebes

Tiket masuk: Anak-anak Rp3.000 dan orang dewasa Rp5.000

9. Waduk Penjalin

sumber : instagram @waduk_penjalin

Sejak akhir tahun lalu, Waduk Penjalin masih populer di kalangan millennials. Tempat ini telah mengalami banyak perubahan, sehingga sering dijadikan lokasi acara-acara menarik. Misalnya pentas musik, pembacaan puisi, lomba nyanyi, pentas seni, dan lain-lain.

Lokasi: Jalan Raya Waduk Penjalin 41, Winduaji, Kecamatan Paguyangan, Kabupaten Brebes

Tiket masuk: Rp5.000

10. Kalibaya Park

sumber : instagram @kalibaya_park

Kalibaya Park menawarkan berbagai macam wahana permainan dan spot untuk foto-foto. Kamu bisa seolah-olah terbang di udara dengan bermainan ayunan raksasa. Gak kalah seru, ada pula fasilitas untuk outbond, berkuda, ATV, rumah kayu, dan sebagainya.

Lokasi: Pasir Panjang, Salem, Kabupaten Brebes

Harga tiket: Senin-Jumat (Rp3.000) dan Sabtu-Minggu (Rp5.000)


Itulah 10 tempat wisata yang bisa didatangi ketika singgah di Brebes. Semoga pandemik segera berlalu dan kita bisa liburan lagi. Ada yang sudah pernah kamu kunjungi? (idntimes)

Post a Comment for "10 Tempat Wisata di Brebes yang Hits, Lokasinya dan Harga Tiket!"

Berlangganan via Email