10 Cara Merawat Rambut Rontok dan Berketombe Secara Alami

Bangmamad.com - Ketombe merupakan masalah kecantikan yang umum dialami pria maupun wanita. Walaupun begitu, sebenarnya ketombe juga bisa dipandang sebagai masalah kesehatan. Pasalnya kondisi abnormal di kulit kepala ini bisa terjadi akibat infeksi jamur atau bakteri.

sumber ; Kompas.com

Selain itu bisa menyebabkan rasa tak nyaman berupa gatal, iritasi, atau bahkan koreng jika tak segera diatasi. Lebih jauh, ketombe juga bisa mengakibatkan kerontokan. Kalau Anda sudah bermasalah dengan keduanya, maka Anda membutuhkan cara merawat rambut khusus yang bisa mengatasinya.

Di bawah ini beberapa cara merawat rambut rontok dan berketombe yang efektif.

Bilas dengan Chamomile Tea

chamomile tea rev1
Ilustrasi teh chamomile. ©2016 Boldsky
Ganti air bilasan rambut dengan seduhan teh bunga chamomile. Ramuan ini dapat mengoptimalkan daya tahan sel kulit sehingga lebih kuat dalam menahan akar rambut sehingga membantu menghindarkanmu dari masalah kerontokan rambut.
Bagi yang mengalami masalah rambut rontok dan berketombe, air seduhan chamomile juga ampuh meredakan rasa gatal dan iritasi.

Pakai Masker Pepaya & Madu

pepaya madu rev1
Ilustrasi pepaya. © Shutterstock
Pepaya mengandung chitinase yang melemahkan dinding sel jamur penyebab ketombe. Vitamin A dan vitamin C yang dikandungnya juga menyehatkan kulit kepala, sehingga mampu menopang akar rambut dan menangkal bakteri penyebab ketombe. Kombinasikan pepaya dengan khasiat antiseptik madu. Tak sampai di situ, madu pun memiliki khasiat menyuburkan rambut.

Pakai Masker Aloe Vera & Jeruk Nipis

aloe vera jeruk nipis rev1
Ilustrasi lidah buaya. ©2014 Merdeka.com/shutterstock/Ilyashenko Oleksiy
Aloe vera bersifat anti-septik dan memiliki kandungan nutrisi yang cukup kaya. Sejak dulu dipercaya sebagai penyubur rambut yang ampuh. Padukan dengan sari lemon atau jeruk nipis. Dua buah yang bersifat asam ini sama-sama ampuh mengatasi ketombe. Juga mengontrol kelebihan minyak yang sering menjadi pemicu ketombe.

Jauhi Wax & Styling Gel

styling gel rev1
Ilustrasi hair mousse. ©iStock
Kedua produk ini bisa membuat rambut cepat kotor. Styling gel dan wax biasanya mengendap di kulit kepala dan menjadikannya lembap. Dengan demikian kulit kepala menjadi tempat berkembang biak bakteri penyebab ketombe. Selain itu bahan kimianya pun bisa melemahkan batang rambut.

Tidak Memakai Terlalu Banyak Sampo

terlalu banyak sampo rev1
Ilustrasi sampo. Shutterstock/Africa Studio
Jumlah ideal sampo yang digunakan untuk mencuci rambut adalah tiga sendok teh, baik untuk rambut pendek maupun panjang. Menggunakan sampo terlalu banyak akan membuat rambut rapuh. Selain itu kulit kepala jadi kehilangan kelembapan alaminya. Karena itulah dia akan memproduksi lebih banyak minyak. Minyak berlebih ini yang nantinya menjadi tempat berkembang biak jamur dan bakteri penyebab ketombe.

Tidak Tidur dengan Rambut dalam Keadaan Basah

Rambut yang dibawa tidur dalam keadaan masih basah lebih rapuh. Gesekan dengan bantal dan seprai membuatnya kusut dan mudah rontok.

Selain itu rambut basah membuat bantal jadi lembap. Lembap, sisa keringat, kotoran, dan air liur akan membuatnya jadi sarang sempurna bagi jamur dan bakteri penyebab ketombe serta infeksi kulit kepala.

Bilas Rambut dengan Seduhan Teh Hijau

dengan seduhan teh hijau rev1
Ilustrasi teh hijau. ©2016 Boldsky
Antioksidan di dalam teh hijau tak hanya bisa memperkuat rambut, tetapi juga menyehatkan kulit kepala agar tidak mudah berketombe.

Campurkan secangkir teh hijau yang telah didinginkan dengan setengah sendok teh minyak zaitun. Bilas kepala dengan ramuan ini, lalu lakukan pijatan ringan. Setelah didiamkan selama setengah jam, gunakan air hangat untuk membilasnya kembali.

Lakukan Pijatan dengan Lemon Oil

dengan lemon oil rev1
Ilustrasi lemon oil. © Nature Hacks
Kunci dari rambut yang kuat dan bebas ketombe adalah kulit kepala yang sehat. Jika Anda menderita kerontokan dan ketombe parah karena kulit kepala yang mengelupas, coba gunakan minyak lemon untuk memijat kulit kepala secara teratur. Minyak yang diekstrak dari buah sitrus ini juga mampu menutrisi kulit kepala sembari mengontrol kelebihan minyak.

Lakukan Pijatan dengan Tea Tree Oil

dengan tea tree oil rev1
Ilustrasi tea tree oil. ©Shuterstock
Jerawat di kulit kepala, infeksi, ketombe, gatal, dan rontok bisa diatasi dengan tea tree oil alias minyak pohon teh. Minyak ini juga mampu membantu mengendalikan produksi minyak di kulit kepala.

Bilas dengan Cuka Apel

cuka apel rev1
ilustrasi cuka apel. ©Shutterstock
Sifat asam cuka apel akan membantu menyeimbangkan pH di kulit kepala. Kulit kepala pun lebih sehat, mampu menopang akar rambut dengan lebih baik. Selain itu pH yang seimbang mencegah jamur dan bakteri penyebab ketombe berkembang biak di kulit kepala.

Demikian cara-cara merawat rambut rontok dan berketombe yang bisa dicoba di rumah. Sumber: Boldsky, Livestrong, StyleCraze dari Mereka.Com

Adanya ketombe di kulit kepala amat mengganggu penampilan. Apalagi jika ketombe tersebut jatuh ke atas baju yang sedang dipakai. Tentu sangatlah memalukan.

1. Lidah buaya

Lidah buaya memang dikenal memiliki banyak manfaat karena apa yang ada di dalam lidah buaya memang sangat bermanfaat. Kandungan dalam lidah buaya antara lain; protein, lemak, karbohidrat, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A, B1, dan C.

Tidak hanya untuk menghitamkan rambut, membuat rambut berkilau, mencegah rambut rontok, menguatkan akar rambut, lidah buaya juga sangat ampuh digunakan sebagai cara menghilangkan ketombe secara alami.

Cara menghilangkan ketombe secara alami dengan lidah buaya:

  1. Haluskan daging lidah buaya secukupnya
  2. Oleskan secara merata pada permukaan kulit kepala
  3. Pijat dengan lembut agar meresap pada kulit kepala
  4. Biarkan selama 30 menitBilas dengan air hingga bersih

2. Daun sirsak

Salah satu kandungan yang bermanfaat bagi kesehatan dalam daun sirsak adalah acetogenin Acetogenin merupakan kumpulan senyawa aktif yang memiliki aktivitas sitotoksik (membunuh racun) di dalam tubuh dengan cara menghambat transport ATP (adenosina trifosfat) atau energi yang dibutuhkan sel kanker untuk berkembang.

Acetogenin masuk dan menempel di reseptor dinding sel dan merusak ATP di dinding mitokondria. Namun tidak hanya untuk kesehatan, daun sirsak memang bermanfaat bagi manusia, namun secara ajaib sangat beracun bagi serangga atau parasit. Karena itulah daun sirsak dapat digunakan untuk menghambat dan membasmi kutu dan ketombe.

Cara menghilangkan ketombe secara alami dengan daun sirsak:

  1. Siapkan beberapa helai daun sirsak
  2. Tumbuk sampai halus
  3. Tambahkan sedikit air
  4. Gunakan sebagai masker pada rambut
  5. Oleskan hingga merata
  6. Biarkan selama 30 menit
  7. Bilas dengan air sampai bersih

3. Jeruk nipis

Jeruk nipis merupakan jenis jeruk yang paling kaya mengandung vitamin C. Tidak hanya vitamin C saja, jeruk nipis juga mengandung vitamin B1, B2, B3, B5, karbohidrat, serat, lemak, protein, kalsium, asam folat, zat besi, fofsor, magnesium, kalium, seng, dan gula. Tidak lupa juga asam sitrat yang membuat rasa asam.

Vitamin C pada jeruk nipis akan mendorong pertumbuhan akar rambut. Anda dapat menggunakan jeruk nipis untuk menebalkan rambut Anda atau untuk mengatasi kebotakan. Selain menebalkan rambut, penggunaan teratur jeruk nipis pada kulit kepala juga dapat digunakan untuk membasmi ketombe.

Cara menghilangkan ketombe secara alami dengan jeruk nipis:

  1. Peras buah jeruk nipis
  2. Campurkan air jeruk nipis dengan air secukupnya
  3. Oleskan pada rambut
  4. Biarkan sebentar agar meresap pada kulit kepala
  5. Bilas dengan air bersih

4. Lemon

Tidak hanya jeruk nipis, Anda juga bisa menggunakan lemon sebagai cara menghilangkan ketombe dan rambut rontok secara alami. Caranya sama saja dengan mengaplikasikan jeruk nipis pada kulit kepala.

5. Minyak kemiri

Tidak hanya digunakan sebagai minyak penyubur rambut, minyak kemiri juga dapat digunakan sebagai cara menghilangkan ketombe secara alami tanpa merusak rambut.

Cara menghilangkan ketombe secara alami dengan minyak kemiri:

  1. Gunakan minyak kemiri sebelum keramas
  2. Biarkan selama 30 menit
  3. Bilas dengan air bersih

6. Minyak zaitun

Tidak hanya minyak kemiri, minyak zaitun juga merupakan cara menghilangkan ketombe secara alami, cepat, dan permanen.

Cara menghilangkan ketombe secara alami dengan minyak zaitun:

  1. Oleskan minyak zaitun pada kulit kepala secara merata
  2. Lakukan pijatan ringan pada kulit kepala agar minyak zaitun meresap
  3. Diamkan selama 30 menit
  4. Bilas dengan air hangat

7. Minyak almond

Minyak selanjutnya yang dapat digunakan sebagai cara menghilangkan ketombe secara alami, cepat, dan permanen adalah minyak almond.

Cara menghilangkan ketombe secara alami dengan minyak almond:

  1. Oleskan minyak almond pada kulit kepala secara merata
  2. Lakukan pijatan ringan pada kulit kepala agar minyak almond meresap
  3. Diamkan selama 30 menit
  4. Bilas dengan air hangat

8. Cuka

Memang aneh rasanya jika ternyata cuka bisa digunakan sebagai cara menghilangkan ketombe karena cuka biasa digunakan untuk makanan. Namun tenang saja, ini bukan hoax. Anda bisa menggunakan cuka sebagai cara menghilangkan ketombe. Tapi tentu dengan berhati-hati, jangan memakai cuka terlalu banyak.

Cara menghilangkan ketombe secara alami dengan cuka:

  1. Siapkan 1 sdt cuka
  2. Oleskan secara merata pada kulit kepala
  3. Biarkan beberapa saat
  4. Bilas dengan air sampai bersih
  5. Untuk hasil yang maksimal, lakukan 2 kali dalam seminggu

9. Baking soda

Hal aneh namun memang benar berikutnya adalah menggunakan baking soda sebagai cara menghilangkan ketombe secara alami, cepat, dan permanen. Sama seperti cuka, jangan gunakan baking soda terlalu banyak dan terlalu sering.

Cara menghilangkan ketombe secara alami dengan baking soda:

  1. Siapkan 1/2 sdt baking soda
  2. Larutkan dengan air hingga mengental
  3. Oleskan secara merata pada kulit kepala
  4. Biarkan beberapa saat
  5. Bilas dengan air hingga bersih

10. Bawang merah

Apakah Anda pernah menjumpai orang tua yang memberikan tumbukan bawang merah pada kepala bayi? Hal ini benar adanya agar rambut menjadi lebat, namun tidak hanya itu saja, Anda bisa menggunakan bawang merah sebagai cara menghilangkan ketombe secara alami.

Cara menghilangkan ketombe secara alami dengan bawang merah:

  1. Sediakan bawang merah
  2. Kupas kulitnya, kemudian haluskan
  3. Oleskan merata pada kulit kepala
  4. Diamkan beberapa saat
  5. Bilas dengan air bersih

11. Garam

Selain digunakan sebagai bumbu dapur. Ternyata garam dapur bisa digunakan untuk menghilangkan ketombe. Sifat scrub dari bahan ini mampu mengangkat kulit mati pada kepala.
Info informatif lainnya.

Cara menghilangkan ketombe secara alami dengan garam:

  1. Sediakan garam secukupnya
  2. Gosokkan garam pada kulit kepala
  3. Diamkan sebentar
  4. Bilas kepala dengan air hingga bersih
Selamat mencoba cara di atas untuk menghilangkan ketombe. (sumber https://www.liputan6.com)

Post a Comment for "10 Cara Merawat Rambut Rontok dan Berketombe Secara Alami"

Berlangganan via Email