Tips Backpaker Bisa Wujudkan Keliling Dunia Murah Meriah

Backpaker - Penjelajah beransel atau kita sebut dengan bakcpacker sedang banyak digandrungi saat ini, baik yang muda maupun yang tua. Ransel yang penuh, perlengkapkan seadanya dan budget yang minimalis merupakan ciri khas dari para penjelajah beransel ini.  Nah... Berikut ini adalah tips Backpacker ke Luar Negeri dengan biaya ramah dikantong.


Menentukan Negara Tujuan

Memilih negara tujuan sangat berhubungan dengan budget yang akan dikeluarkan, karena behubungan pula dengan kurs mata uang.

Untuk teman-teman pemula, yang perdana melakukan perjalanan luar negeri, disarankan mengunjungi negara tetangga paling dekat dengan Indonesia, Malaysia, Brunei  atau Singapura. 

Selain warganya serumpun dengan bangsa Indonesia, negara tersebut termasuk negara yang bebas visa, jadi teman-teman hanya cukup menyiapkan paspor saja sebagai tiket masuk imigrasi.

Memilih  Waktu yang Tepat
Memilih tanggal dalam liburan, apalagi judulnya liburan ala backpackeran sangat penting untuk menekan biaya yang akan kita keluarkan saat kita berpergian. Terlebih ketika high season dijamin harga tiket pesawat maupun hotel bisa mengalami kenaikan drastis. 

Maka dari itu, direkomendasikan untuk berpergian pada hari biasa, di luar waktu liburan, libur musim panas, libur lebaran atau tahun baru. Bukan hanya harga tiket yang akan naik, tapi pusat wisata yang akan kita kunjungi bisa jadi penuh karena banyaknya pengunjung yang sedang berlibur.

Berlibur di hari biasa memang meminta kita sedikit berkorban, terlebih bagi yang pekerja, harus meminta izin cuti dari tempat kerja. Tapi yakin deh, ketika kita berpergian bukan di saat high season, kita bisa liburan dengan suasana lebih tenang, dan tentunya kita bisa menekan pengeluaran.

Liburan Bareng Sahabat
Akan lebih menguntungkan jika kita berpegian secara berkelompok, 4-6 orang, meminimalisir pengeluaran penginapan, karena kita bisa sharing biaya penginapan yang kita pesan. Juga menguntungkan saat kita memesan taxi online, biaya perjalanan bisa kita bagi sesuai banyak tim perjalanan.

Melakukan perjalanan secara berkelompok, apalagi bareng sahabat, akan membuat kita merasa lebih aman, karena ketika kita mengalami kesulitan saat di perjalanan, kita punya teman yang bisa membantu kita.

Membuat Anggaran Perjalanan
Dalam melakukan kegiatan backpacking, sangat penting menyesuaikan isi kantong dengan rute perjalanan, baik tujuan perjalanan maupun modal transportasi yang akan digunakan. Kita bisa memperkirakan pengeluaran yang akan kita gunakan selama perjalanan. Sehingga kita tidak perlu khawatir budget kita tiba-tiba kurang saat kita sedang liburan.

Transportasi, penginapan, konsumsi dan tempat wisata yang akan dikunjungi harus sudah diperkirakan pengeluaran biayanya, bisa bertanya dari teman atau kerabat yang sudah pernah mengunjungi tempat yang akan kita tuju, atau mencari tahu melalui internet.

Memasukkan dana tak terduga pada anggaran perjalanan merupakan salah satu yang sangat penting untuk para penjelah beransel, sesuatu yang tidak kita duga bisa saja terjadi saat kita sedang berpergian, hal itu bisa diantisipasi jika kita sudah menyiapkan dana tak terduga.

Tukar Uang di Money Changer Negara Tujuan
Kekurangan uang merupakan salah satu yang dicemaskan saat melakukan perjalanan perdana ke luar negeri, kecemasan itu membuat kita terlalu banyak menukar uang di Indonesia. Padahal harga tukarnya lebih mahal dari pada saat kita tukar di negara asalnya.

Untuk teman-teman yang perdana ke luar negeri, jangan khawatir tidak bisa menemukan money changer saat sampai di sana. Kita akan banyak menemukan money changer setibanya di sana, di bandara, pelabuhan, stasiun dan pusat kota. Selain mengunjungi money changer teman-teman juga bisa menarik uang dengan menggunakan ATM yang ada logo Visa, Cirrus, Mastercard, dll.   


Membeli Tiket Pesawat Secara Online
Sebelumnya tentu ada yang berpikir bahwa tiket pesawat ke luar negeri jauh lebih mahal ketimbang tiket pesawat dalam negeri, Iya kan? Nah, trik ini hanya para backpacker aja yang tau. Ada loh saat-saat tertentu di mana tiket pesawat ke luar negeri sedang murah-murahnya.

Kadang jika kita memesan tiket pesawat di mid-week seperti hari selasa atau rabu harganya bisa lebih murah. Memesan tiket pesawat dari jauh-jauh hari sebelum keberangkatan harganya juga akan lebih murah. Kuncinya sering-sering mantengin harga tiket online aja.

Terkadang dari maskapai penerbangan yang melayani penerbangan internasional juga sering memberikan promo perjalanan, seperti Air Asia salah satu maskapai yang sering memberikan promo perjalanan murah meriah. Intinya, sering-sering mantengin aplikasi atau infonya aja di internet.

Hal penting yang harus teman-teman ketahui, tidak semua provinsi di indonesia memiliki bandara internasional, jika kita ingin berpergian ke luar negeri tentunya harus melewati bandara internasional. Nah, untuk teman-teman yang tinggal di provinsi yang bandaranya belum melayani penerbangan internasional seperti di Jambi.

Teman-teman bisa menumpang bandara di provinsi tetangga, kalo di Jambi bisa ke Palembang atau ke Padang terlebih dahulu, bisa naik bus atau travel agar lebih murah.

Melakukan Perjalanan Malam
Memperbanyak perjalanan yang panjang pada malam hari, baik menggunakan bus maupun kereta, merupakan trik untuk mengurangi pengeluaran sewa penginapan, selain itu kita tidak  merasa jenuh dengan panjangnya perjalanan, karena selama perjalanan kita bisa menggunakan waktunya untuk istirahat tidur malam, sehingga saat sampai di terminal atau stasiun mata kita tidak merasa mengantuk lagi. Bisa langsung melanjutkan perjalanan selanjutnya.

Gunakan Transportasi Umum 
Menjelajah ke luar negeri, bukan hanya sekedar berliburan menenangkan pikiran, pergi jauh dari rutinitas yang memusingkan. Tapi juga salah satu sarana untuk kita belajar, mencoba akses transportasi publik di negara lain yang lebih maju dan sudah terintegrasi.

Keuntungan menggunakan transportasi publik, kita bisa menghemat pengeluaran, juga terhindar dari macet, hanya saja jika sedang jam pergi atau pulang kerja, jumlah pengguna transportasi umum akan ramai, sehingga kita mungkin sedikit berdesakan.

Tidak perlu khawatir tersesat saat menggunakan tranportasi umum, untuk negara yang sistem transportasi umumnya sudah terintegrasi biasanya sangat ramah bagi wisatawan luar,  seperti di Malaysia atau Singapura,  setiap stasiunnya menyediakan petunjuk bagi kita para pejalan, tersedia juga peta yang boleh diambil oleh para pejalan yang tidak hapal rute.

Memilih Penginapan
Walaupun judul perjalanannya adalah backpackeran, namun tetap penting bagi kita untuk beristirahat dengan nyaman, agar tubuh kita tetap bugar selama berlibur.

Hotel, hostel atau home stay semuanya sama saja bagi para backpacker asal sesuai dengan budget yang sudah dianggarkan. Memilih penginapan tidak selalu harus memilih yang paling murah, pilihlah penginapan yang dekat dengan akses transportasi umum kota, sehingga kita tidak perlu keluar biaya lebih untuk transportasi menuju stasiun atau terminal bus.

Perjalanan kita akan lebih aman, jika kita sudah memesan penginapan sebelum keberangkatan. Bukti booking penginapan akan mempermudah kita melewati petugas imigrasi, khususnya bagi teman-teman yang paspornya masih baru, alias perdana ke luar negeri.

Memiliki bukti booking penginapan membuktikan bahwa perjalanan yang akan kita lakukan adalah perjalanan yang sudah dipersiapkan, sehingga pihak imigrasi tidak perlu ragu memberikan izin kepada kita keluar dari wilayah Indonesia.

Siapkan Itinerary dengan Matang
Rute perjalanan, mulai dari tanggal, tujuan hingga perhitungan jam, harus kita persiapkan. Jika kita melakukan perjalanan ke luar negeri, hal yang wajib diketahui, bahwa ada perbedaan jam.

Salah dalam memperhitungkan jam saja, akan berakibat fatal jika berhubungan dengan transportasi yang sudah kita siapkan di negara tujuan. Maka mempersiapkan Itinerary  akan sangat berhubungan dengan dana liburan, jadi jangan malas mempersiapkannya.

Memuat rencana perjalanan juga akan lebih mengarahkan kita pada jalur yang aman, karena semua yang sudah direncanakan, sudah sesuai dengan estimasi anggaran yang akan dikeluarkan, sehingga kita tidak perlu khawatir akan kekurangan dana, karena Itinerary ini akan mengendalikan pengeluaran kita selama perjalanan.

Semoga tips ini bermanfaat bagi teman-teman yang ingin backpackeran ke luar negeri, jangan lupa minta do’a restu dari orang tua dan keluarga sebelum kita berpergian, karena do’a dari orang tua dan keluarga kita akan menentramkan hati kita dan memperlancar perjalanan kita. Selamat mencoba!
(tulisan ini berdasarkan pengalaman penulis Nami Amani, semoga bermanfaat)

Post a Comment for "Tips Backpaker Bisa Wujudkan Keliling Dunia Murah Meriah"

Berlangganan via Email