Pesona Danau Pauh Jangkat, Akan Membuat Perjalanan Bersama Pasanganmu Semakin Romantis

Wisata Jangkat - Perjalanan panjang dan melelahkan yang harus kami tempuh dari kota Jambi menuju Jangkat kurang lebih selama 10 jam terbayar ketika kami sampai di lokasi Air Terjun Sigerincing.

sumber @bhimawibawa. via instagram
Objek wisata Air Terjun Sigerincing merupakan tempat pertama yang kami kunjungi setelah beristirahat sejenak di penginapan. Air Terjun Sigerincing terletak di Desa Dusun Tuo, Kecamatan Lembah Masurai, Merangin.

Keindahan air terjun dengan kontur yang berbeda dari air terjun yang sebelumnya pernah dikunjungi. Kamipun puas berenang dan berfoto di kolam air terjun yang sangat mempesona ini.

Setelah puas berenang kami pun kembali ke penginapan untuk beristirahat karena telah melewati jalan yang sangat berliku dan sempit untuk sampai ke tempat ini.


Pagi telah menyapa. Hembusan angin pagi dan nyanyian embun mengintip di sela-sela daun kopi yang tumbuh subur di Jangkat. Di hadapan kami tampak awan-awan tipis menari menutupi bukit-bukit hijau dan Gunung Masurai yang menjulang tinggi.

Pagi ini kami akan berkunjung ke salah satu tempat paling romantis di Jangkat yaitu Danau Pauh. Danau Pauh terletak di Desa Pulau Tengah, Kecamatan Jangkat Merangin.

Perjalanan menuju tempat ini terasa begitu menyenangkan karena di sisi kiri dan kanan jalan terhampar pemandangan begitu menakjubkan. Kami memacu kendaraan kami dengan pelan karena indahnya pemandangan dan jalanan sempit berliku.

Tibalah kami di salah satu desa bernama Desa Pulau Tengah. Di Desa ini kami menoleh ke sisi kanan jalan tampak sebuah pemandangan Danau yang begitu indah.


Terdapat tulisan Objek Wisata Danau Pauh di gerbang masuk ke arah lokasi danau ini. Ternyata Danau Pauh ini berada di belakang rumah penduduk Desa Pulau Tengah. Dari Gerbang, Anda harus masuk kurang lebih satu kilometer melewati jalan tanah.

Akses Danau Pauh terbilang sangat mudah. Kendaraan roda dua dan roda empat dapat Anda parkir tak jauh dari Danau. Waktu ke sini tidak dikenakan biaya apapun. Pos jaga Danau ini juga kosong.

Kondisi Danau Pauh sangat bersih. Berbeda jauh dengan kondisi Danau Kerinci yang waktu Bang Mamad mengunjungi setelah lebaran  2019 kemarin sangat kotor dan biaya masuknya mahal.

Danau Pauh ini adalah danau vulkanik yang terbentuk dan berasal dari akibat kegiatan gunung berapi. Dengan latar belakang Gunung Masurai, Nilo Dingin dan Bukit-bukit nan hijau, pemandangan di Danau ini sungguh menakjubkan.

Suasana romantis begitu terasa apabila Anda bersama pasangan duduk menikmati hembusan angin di pinggiran danau ini. Apalagi jika Anda membawa makanan, mungkin makan sambil disuapin pasangan menjadi sesuatu yang sangat romantis di sini.


Selain menikmati alam dipinggiran danau, kegiatan romantis lainnya adalah menyewa rakit bambu ataupun boat untuk berkeliling danau seluas 90 hektare ini. Sayang, waktu ke sini tidak ada petugas yang menjaga rakit dan boat nya.

Di Danau Pauh, kami menikmati makan siang sembari sesekali berfoto dengan latar belakang Danau yang super eksotis ini. Jika dilihat dari kejauhan danau pauh ini airnya kelihatan berwarna biru seperti air laut. 

sumber @ayam.bawang2296 via instagram
Keadaan udara dan Kondisi alam yang memikat ditunjang latar belakang Gunung Masurai membuat udaranya sangat sejuk, menjadikan sajian lengkap bagi wisatawan.

Semoga saja ke depan, Danau ini dikelola dengan lebih baik lagi. Sayang sekali danau seluas ini tidak ada yang mengelola dan menjaga. Seharusnya bisa menjadi pendapatan bagi masyarakat. Asalkan tidak mahal dan biaya masih realistis. Dan bagi pengunjung jaga kebersihan dan keindahan danau Pauh ini dengan tidak membuang sampah sembarangan.

Post a Comment for "Pesona Danau Pauh Jangkat, Akan Membuat Perjalanan Bersama Pasanganmu Semakin Romantis"

Berlangganan via Email