7 Surga Tersembunyi di Jangkat Ini Bisa Jadi Tujuan Wisatamu

Wisata hits Jangkat-Keindahan alam Indonesia memang tidak diragukan lagi. Beragam destinasi menarik membuat jutaan turis datang setiap tahunnya. 

Danau Kumbang @rizky.fadli via instagram

Pesona keindahan tersebut terbentang dari Sabang sampai Merauke. Banyak tempat-tempat unik yang bisa Anda kunjungi di negeri ini yang sangat indah.

Kali ini kita akan membahas keindahan tersembunyi yang ada di propinsi Jambi. Jambi mungkin kurang dikenal sebagai tujuan wisata. Tetapi ada beberapa tempat yang sangat menarik dikunjungi di Jambi.


Jambi merupakan salah satu provinsi yang berada di pulau Sumatera Bagian Selatan. Jika dari Jakarta maka Anda hanya perlu naik pesawat sekitar satu jam terbang ke kota Jambi.


Meski tak dikenal sebagai daerah wisata, Jambi memiliki pesona yang tak kalah jauh dari daerah tujuan wisata lainnya. Pesona Gunung Kerinci, Candi Muaro Jambi, dan Geoparrk merangin merupakan destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi.


Jambi juga memiliki daerah Jangkat yang memiliki pesona yang sangat indah. Boleh dibilang daerah yang berada di Kabupaten Merangin ini merupakan hidden paradise yang dimiliki Jambi.


Jangkat adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Merangin.  Untuk pergi ke Jangkat, Anda harus melakukan perjalanan darat menuju Bangko yang merupakan ibukota Kabupaten Merangin.


Jarak tempuh Jambi-Bangko adalah sejauh 250 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 5 jam perjalanan. Kemudian dari Bangko ke Jangkat Anda memerlukan waktu sekitar 3 jam untuk sampai. Jalanan yang sempit dan berkelok-kelok membuat kendaraan tidak dapat dipacu dengan kecepatan tinggi.


Bagi Anda yang ingin melalui jalur udara, dari Bandara Sultan Thaha Jambi Anda dapat terbang ke Bandar Udara Muaro Bungo kemudian melanjutkan perjalanan darat sekitar 4 jam lebih menuju Jangkat. 


Menginjakkan kaki di Jangkat, anda akan menyadari bahwa daerah ini memang surga tersembunyi yang masih jarang dikunjungi. Beragam pesona keindahan alam, keramahan penduduk dan tradisi masyarakat setempat menjadi tontonan yang amat menyejukkan mata.


Inilah 7 tempat yang Bang Mamad rekomendasikan untuk Anda kunjungi di Jangkat. Tempat-tempat ini akan memberikan pengalaman yang tak akan terlupakan bagi Anda.


1. Pendakian Gunung Masurai dan Cantiknya Danau Kumbang


Danau Kumbang @nurrohim_ashter via instagram

Gunung Masurai merupakan salah satu gunung yang terkenal di Jambi selain Gunung Kerinci. Gunung ini memiliki ketinggian 2.980 mdpl dan merupakan gunung api tidak aktif.


Gunung Masurai merupakan gunung yang masih jarang didaki orang. Akhir-akhir ini saja pengunjung ramai mendatanginya. 


Suasana alam yang begitu hijau, jalur pendakian yang cukup menantang dan kicauan indah burung membuat suasana pendakian begitu mengasyikkan walau melelahkan.


Pos masuk Gunung Masurai bisa melalui Desa Sungai Lalang yang berjarak sekitar 3 jam perjalanan darat dari Kota Bangko. 


Picture by @anggaaa_99 via instagram

Jalur pendakian cukup menantang akan Anda temui untuk sampai ke puncuk. Untungnya di jalur pendakian Gunung Masurai, sama sekali tidak ditemukan pacat yang biasanya sangat mengganggu perjalanan.


Butuh waktu 8 jam untuk sampai puncak Gunung Masurai. Dalam perjalanan ke puncak gunung, Anda akan menemukan Danau yang sangat cantik dan instagenic yaitu Danau Kumbang. 


2. Telaga Biru yang Indahnya Alami dan Menyejukkan


Picture by @tomyramanda via instagram

Telaga Biru merupakan sebuah danau cantik yang berada di hutan sekitar Gunung Masurai. Telaga Biru terletak di daerah ketinggian, tepatnya di sekitar Gunung Masurai. Dari Desa Tanjung Alam, berjarak kurang lebih 7 Km.


Dari Desa Tanjung Alam bisa menggunakan kendaraan roda dua ke perkebunan warga atau ke pinggiran hutan. Kemudian Anda harus berjalan menyusuri hutan lebih dari dua jam untuk sampai ke lokasi ini.


Perasaan ketika melakukan perjalanan terasa begitu melelahkan dan tak sampai-sampai. Akan tetapi kita tak akan pernah bosan melihat mempesonanya keindahan alam yang tersaji.


Keindahan Danau Telaga Biru sunggu mempesona. Bagi Anda yang ingin mandi di Telaga Biru harus siap merasakan sensasi air dingin bagaikan es.


Sangat indah bukan ?. Wajar jika Danau Telaga Biru yang berada tak jauh dari Desa Tanjung Alam Kecamatan Jangkat Timur ini masuk nominasi Anugerah Pesona Wisata dari Kementarian Pariwisata Republik Indonesia.



3. Air Terjun Lematang, Bertingkat-tingkat dan Super Dingin


Picture by @hengky_pratama020 via instagram

Air Terjun Lematang merupakan air terjun yang terletak tidak begitu jauh dari Telaga Biru. Keindahan dan pesona air terjun bertingkat ini bagaikan magnet yang membuat kita mau berjalan sekitar satu jam dari Danau Telaga Biru.


Sunyi dan hening, hanya terdengar kicauan burung dan aliran sungai sepanjang perjalanan dilalui. Bagi Anda penggemar wisata alam, air terjun Lematang merupakan pilihan tepat untuk Anda kunjungi di Jangkat.


Pemandangan selama perjalanan tak kalah menarik, rindangnya pepohonan terkadang menutupi cahaya matahari selama melintas. Udara terasa begitu sejuk.


Selain pepohonan, kita juga akan beberapa kali melewati tanaman bunga hutan warna-warni yang semakin menambah keindahan perjalanan kita.


Jalur setapak yang dilewati lumayan ekstrem. Jalanan sempit menanjak dan menurun ditambah sisi jurang di sisi kiri dan kanan. Jadi kita harus selalu berhati-hati ya.


Trek yang basah membuat jalan menjadi licin dan membuat kesusahan dalam melangkah. Sebaiknya kita membawa tongkat untuk trekking ke tempat ini.


Hidden Paradise yang ada di Jangkat ini memiliki kolam pemandian yang sangat indah. Air Terjun Lematang yang berada di Desa Tanjung Alam, Kecamatan Jangkat Timur ini memiliki pemandangan yang mempesona dan eksotis.


Air terjun Lematang masih sangat alami dan belum banyak dikunjungi orang. Air super dingin jadi sepertinya kita tidak kuat untuk berenang. Jadi tempat ini merupakan salah satu pilihan tepat tujuan wisata Anda di edisi liburan berikutnya.



4. Tempat Paling Romantis Danau Pauh dengan View Menakjubkan

Picture by @ridho.mardian via instagram

Tempat ini merupakan salah satu tempat paling romantis di Jangkat. Lokasinya sangat cantik berada menghadap langsung ke Gunung Masurai, Nilo Dingin, dan Gunung Sumbing.


Uniknya Danau Pauh adalah airnya mengendap dan tidak mengalir. Udara sejuk terasa begitu romantis. Danau Pauh ini airnya sangat jernih dan dingin. Air ini berwarna biru seperti air laut.


Pohon hijau dan latar belakang pegunungan membuat tempat ini layak dijadikan lokasi terbaik Anda untuk berfoto. Danau ini terletak di Dusun Danau Pauh, Desa Pulau Tengah, Kecamatan Jangkat.


5. Taman Bunga Hesti's Garden yang Sangat Hits dan Romantis

Picture by @torikmekianggara_ via instagram

Tak jauh dari Danau Pauh, Anda dapat mengunjungi taman Bunga yang begitu indah bernama Hesti's Garden.


Hesti's Garden merupakan salah satu icon dari Jangkat. Dikelilingi pegunungan dan bukit-bukit, kebun bunga ini memang sangat cantik.


Ribuan bunga warna-warni berjajar dengan elok. Setiap bunga yang ditanam dibuat lorong di tengahnya agar pengunjung dapat berjalan di tengah kebun bunga ini.


Hesti's Garden merupakan salah satu spot terbaik untuk foto. Berada di tengah-tengah kebun bunga adalah ferfect moment untuk diabadikan.


6. Wisata Eksotis Air Panas Grao Sakti

Picture by @mytrip_myadvntr via instagram

Kali ini kita akan melihat salah satu lokasi lainnya yang sangat keren. Grao Sakti merupakan salah satu pemandian air panas yang sangat menarik untuk dikunjungi.


Air Panas Grao Sakti berada di Desa Renah Kemumu, Kecamatan Jangkat, Merangin. Tak mudah untuk mencapai lokasi ini. Boleh dibilang perjalanan ekstrem harus Anda lalui. Kondisi jalan benar-benar sangat mengkhawatirkan karena cocok untuk arena offroad.


Untuk ke tempat ini, Anda bisa menggunakan mobil offroad ataupun motor trail. Lamanya sekitar 3 jam perjalanan dari Danau Pauh. 


Grao Sakti merupakan geyser yang berada di pinggir sebuai  sungai. Pada Grao Induk air panas terus menyembur dari dalam tanah. Aliran sungainya menghasilkan air panas yang cocok dijadikan pemandian alami.


Berendam di air panas dikelilingi pepohonan rindang akan menghasilkan sensasi yang menyebabkan lelah perjalanan menjadi hilang. Tak hanya panas, di tempat ini Anda juga bisa merasakan suhu air yang dingin karena air sungainya mengalir.


Apapun pendapat orang tentang mistis Grao Sakti, yang jelas tempat ini sangat indah dijadikan tujuan wisata. Perpaduan yang sangat menyejukkan mata dan menenangkan pikiran.


7. Berkunjung Air Terjun Sigerincing yang Sangat Populer


Picture by @sarliindaa via instagram

Air Terjun Sigerincing merupakan salah satu air terjun yang sangat mempesona. Air terjun yang super eksotis ini terletak di Desa Tuo, Kecamatan Lembah Masurai, Kabupaten Merangin, Jambi. 


Lokasinya berjarak sekitar 75 kilometer dari Kota Bangko, dan bisa dicapai dengan melakukan perjalan selama kurang lebih 2 jam. Jadi sebelum Anda sampai ke Jangkat, sebaiknya Anda singgah terlebih dahulu ke lokasi air terjun ini.


Air Terjun Sigerincing memiliki tinggi sekitar 70 meter. Dikelilingi hutan lebat dan aliran air sangat deras. Air terjun Sigerincing adalah menu tepat untuk melepaskan rasa lelah Anda dari rutinitas bekerja. 


Jika Anda bertanya fasilitas, Air Terjun Segerincing masih sangat minim. Bahkan jalan menuju ke lokasi air terjun masih biasa, dan belum dilakukan perbaikan. Belum ada fasilitas ruang publik seperti ruang ganti, kamar mandi, dan juga mushola di sekitar air terjun.


Itulah tujuh pesona Jangkat yang bisa kita jadikan lokasi liburan terbaik. Sebenarnya masih banyak aktivitas lainnya yang bisa kita lakukan di Merangin seperti berarung jeram di sungai Batang Merangin sambil menyaksikan dahsyatnya keajaiban alam Geopark Merangin.


Sangat disayangkan jika liburan kita masih betah di rumah. Yuk kita kunjungi tempat-tempat tersembunyi di Indonesia yang menyimpan keeksotisan luar biasa. Jaga kebersihan dan kelestarian objek wisata kita. Jangan kotori dengan sampah.

Post a Comment for "7 Surga Tersembunyi di Jangkat Ini Bisa Jadi Tujuan Wisatamu"

Berlangganan via Email