Menikmati Kesegaran dan Keindahan Air Terjun Sigerincing

Wisata Jangkat - Pesona alam Jangkat Merangin memang bak magnet yang memiliki daya tarik untuk kita kunjungi.

Kali ini Bang Mamad berkesempatan kembali untuk menikmati keindahan alam Jangkat yang begitu mempesona.

Berangkat dari Jambi pukul 07.00 pagi menggunakan sepeda motor, kami pun singgah menjemput teman yang akan ikut berangkat ke Jangkat di Desa Batu Penyabung, Sarolangun.

Waktu itu kira-kira pukul 11.30 kami istirahat sholat dan makan siang sampai pukul 13.00. Perjalanan dilanjutkan menuju Jangkat yang terletak di Kabupaten Merangin.

Perjalanan panjang dan melelahkan harus kami lalui. Apalagi ketika memasuki simpang menuju Jangkat. Jalannya benar-benar membuat kami harus memacu kendaraan kami dengan santai karena sempit dan berliku.

Pandangan di jalan bagi Bang Mamad cukup monoton, hanya sesekali terlihat pemandangan indah sungai dan perbukitan. Selain itu yang kita lihat adalah area perkebunan karet dan resam saja yang kita lihat.

Lelah perjalanan yang panjang dan ekstra hati-hati kurang lebih 3 jam, kami pun singgah di tempat kami menginap yaitu di Dusun Tuo, Kecamatan Lembah Masurai. Belum sampai di Kecamatan Jangkat.

Kebetulan ada saudara dari teman kami Aldi di sini. Di Desa Dusun Tuo ini terdapat sebuah air terjun yang sangat Indah bernama Air Terjun Sigerincing.

Setelah beristirahat sekitar setengah jam, kami berangkat ke air terjun tersebut untuk mandi. Tak jauh dari tempat menginap kami.

Air Terjun Sigerincing sangat mudah diakses. Jaraknya hanya 600 meter dari jalan aspal dengan jalanan yang lebar bisa dimasuki kendaraan roda dua dan empat.

Oh ya kalau pakai mobil jangan turun ke bawah ya karena turunannya sangat curam. Lebih baik parkir di atas saja dan jalan kaki sekitar 300 meter ke lokasi air terjun ini.

Untuk masuk ke lokasi air terjun Sigerincing ini tak ada biaya parkir dan biaya masuk alias gratis. Tempatnya pun masih terbilang bersih tak seperti beberapa lokasi air terjun yang pernah Bang Mamad kunjungi.

Keindahan begitu menyejukkan kami rasakan ketika sampai di lokasi air terjun ini. Husein, Mail, Darwin, Aldi dan Alvin begitu antusias mengabadikan momen berfoto dengan latar air terjun nan indah ini.

Batu-batu besar dan hutan yang begitu hijau di sekeliling Air Terjun Sigerincing menambah keindahannya. Apalagi aliran sungai di bawahnya benar-benar mengagumkan.

Tak sabar, kami pun berenang di kolam pemandian yang begitu jernih. Puas rasanya berenang sampai kaki kami keram. Sayang karena banyak batu di sini tidak aman untuk cliff jump.

Hari semakin sore dan kami pun pulang kembali ke penginapan. Keindahan alam Air Terjun Sigerincing merupakan anugerah Tuhan yang harus kita jaga. Jangan kotori dengan sampah ya guys.