Tempat Wisata Hits di Kerinci, Bukit Khayangan Sungguh Mempesona

Keindahan Bumi Sakti Alam Kerinci benar-benar sungguh mempesona. Wajar, jika daerah ini dijuluki sekepal tanah dari surga. Ada banyak keindahan yang tak akan habisnya untuk dijelajahi di daerah ini, salah satunya adalah pesona keindahan Bukit Khayangan.



Bang Mamad beberapa kali berkesempatan berkunjung ke bukit yang terletak di Desa Renah Kayu Embum, Kota Sungai Penuh, Provinsi Jambi ini. Bukit Kayangan terletak di barisan Gunung Raya yang berbatasan langsung dengan Taman Nasional Kerinci Seblat dan berada di ketinggian 2000 meter di atas permukaan laut.

Jalanan untuk ke lokasi ini bisa terbilang sangat baik, aspal ke lokasi ini sangat mulus mengelilingi bukit hingga puncak. Tebing jurang akan memacu adrenalin Anda hingga puncak. Untuk kendaraan besar seperti bis rasanya akan sulit karena jalanan terlalu sempit dan berkelok, disarankan bagi Anda sebaiknya menggunakan motor ataupun minibus.

Sesampai di puncak Anda akan melihat panorama yang begitu indah. Hamparan bukit hijau, sawah, danau kerinci dan pemukiman berpadu indah membuat tempat ini begitu layak untuk dijadikan spot foto menarikmu.

Beragam fasilitas tersedia ditempat ini, mulai dari toilet, mushola, pusat jajanan dan spot foto yang menarik. Untuk masuk ke tempat ini Anda hanya membayar tiket masuk sekitar 5 ribu rupiah. Biaya tersebut relaif lebih murah jika dibandingkan objek wisata lain di Kerinci yang biasanya bayar parkir saja sampai 15 ribu rupiah.

Oh ya, untuk masalah kebersihan menurut Bang Mamad bisa dibilang cukup bersih dibandingkan beberapa tempat wisata lainnya di Kerinci. Akan tetapi, masih rendahnya kesadaran pengunjung membuat kita masih menemukan beberapa tumpukan sampah ataupun sampah yang dibuang sembarangan.

Ini juga menunjukkan kurangnya pengelolaan yang dilakukan pemerintah. Sangat disayangkan, hampir disetiap objek wisata di Kerinci atau Sungai Penuh, Bang Mamad melihat masih banyaknya sampah yang berserakan. Padahal untuk masuk ke lokasi boleh dibilang membayar parkir dan retribusi cukup mahal. Harusnya hal ini menjadi perhatian, agar wisatawan mau datang lagi ke Kerinci.

Karya Tuhan yang luar biasa, hendaknya kita jaga agar dapat mendatangkan manfaat secara ekonomi, bukan hanya sesaat tapi berkelanjutan. Itu opini Bang Mamad setelah mengunjungi beberapa objek wisata di Kerinci yang begitu indah tapi banyak sampah. Semoga kedepannya lebih baik.

Post a Comment for "Tempat Wisata Hits di Kerinci, Bukit Khayangan Sungguh Mempesona"

Berlangganan via Email