Menakjubkan, Inilah 11 Objek Wisata Kabupaten Samosir yang Wajib Dikunjungi

Wisata Samosir - Keindahan alam Indonesia memang tidak habis untuk dinikmati. Keragaman adat dan budayanya juga menarik untuk ditelusuri.

Wonderful Indonesia, agaknya kata itu sangat pantas untuk menggambarkan betapa mempesonanya Indonesia.

Sekeping pesona itu dapat Anda nikmati saat menjelajah Kabupaten Samosir yang berada di tengah Danau Toba. 

Kabupaten Samosir merupakan daerah hasil pemekaran dari Kabupaten Toba Samosir yang juga berada di Pulau Samosir.

Surga liburan, keindahan alam yang tiada banding berpadu dengan tradisi dan budaya yang lestari. Inilah surga kecil di Sumatera Utara.

Dari dermaga Ajibata, di sinilah Anda memulai perjalanan Anda untuk menjelajahi Samosir yang begitu indah.

Dalam sehari ada lima kali jadwal keberangkatan penyeberangan ke Samosir dari dermaga ini.

Melewati Danau Kaldera terbesar di dunia ini, semilir angin menyapa ramah.

Pemandangan alam khas Danau Toba menambah nikmatnya mata memandang.

Itu menjadikan danau yang terbentuk akibat letusan yang supervulcano 74.000 tahun lalu ini layak menjadi icon wisata Sumatera Utara.

Apa saja destinasi yang harus Anda kunjungi selama di Kabupaten Samosir. Kali ini Bang Mamad akan pilihkan tempat terbaik untuk Anda.

1. Desa Tomok


photo taken by @zupri_pane via instagram
Setelah melewati setengah jam perjalanan, Anda akan sampai di Tomok. Sebuah desa penuh budaya di timur Samosir. Di pelabuhan Desa Tomok, Anda akan disambut oleh beberapa  penjual kebutuhan rumah tangga.

Inilah pasar Tomok. Geliat perekonomian Samosir terasa di sini. Aktivitas jual beli berlangsung dari hari Senin sampai Sabtu Saja. Jajanan tradisional tersedia di pasar ini. Ada wijen, wajik dan aneka jajanan lezat lainnya.

Selamat datang di Desa Wisata Tomok, suguhan pertama bagi para pengunjung adalah Tarian Sigale-Gale. Ada kisah panjang mengenai boneka Sigale-gale, namun boneka yang bisa menarik ini sangat lekat dengan pesona budaya Samosir.

Tak hanya melihat, pengunjung dapat menari bersama dengan iringan musik batak dan gerakan boneka Sigale-gale. Kita akan menari Tot-tor dengan aneka gerakan tangan. Sungguh sebuah sambutan yang sangat berkesan.

Desa Wisata Tomok memang surganya wisata budaya. Desa yang berada di Kecamatan Simanindo ini sangat sayang untuk Anda lewatkan jika Anda berkunjung ke Samosir.

2. Makam Raja Sidabutar


sumber : dreamstime.com
Keunikan budaya dan peninggalan sejarah di Kabupaten Samosir tak kalah dengan daerah lainnya. Di desa Tomok, Anda dapat mengunjungi makam raja Sidabutar yang merupakan orng pertama yang menginjakkan kaki di Pulau Samosir.

Uniknya, untuk mengunjungi makam raja Sidabutar, pengunjung diwajibkan menggunakan kain ulos. Apabila tidak menggunakan kain tersebut sebelum memasuki komplek makam ini, maka menurut kepercayaan setempat, pengunjung akan didatangi raja Sidabutar lewat mimpi.

3. Danau Toba
Sumber : @danau_tobasamosir via instagram
Hal yang wajib Anda lakukan di Samosir adalah menikmati pesona indah Danau Toba. Danau ini memiliki view yang begitu indah dan instagrasmable.

Ada banyak tempat menarik di danau Toba seperti Batu Gantung, air terjun maupun tempat-tempat mempesona lainnya.

4. Museum Balige

Bagi Anda yang berkunjung ke kabupaten Samosir, Museum Balige yang didirikan oleh T. B. Silalahi tak boleh Anda lewatkan. Museum yang menyimpan benda-benda sejarah ini akan menjadi tempat yang begitu mempesona untuk kegiatan wisata.

Bagi Anda yang ingin ke museum Balige, museum ini beralamat di Jalan Pagar Batu No. 88 (eks. Pabrik Aeroz), Desa Silalahi, Kecamatan Balige, Kabupaten Toba Samosir, Provinsi Sumatera Utara.

5. Kursi Batu Siallagan


Sumber : emir_haris via instagram
Kalau ke Samosir, tak lengkap rasanya jika Anda tidak mengunjungi objek wisata yang satu ini. Kursi Batu Raja Siallagan atau yang kerap disebut Batu Parsidangan ini merupakan salah satu tempat menarik karena di tempat ini terdapat bangunan kas suku Batak yang sangat artistik.

Dinamakan Batu Parsidangan karena di tempat ini dulunya merupakan tempat Raja Siallagan menyidang para pelaku kejahatan.

Lokasi ini merupakan salah satu lokasi paling indah untuk dijadikan lokasi foto di Samosir. Dengan kain ulos yang begitu cantik, dijamin Anda akan mendapatkan foto yang begitu sempurna.

6. Bukit Holbung


Sumber :@usmanisty_via instagram
Bukit Holbung adalah salah satu puncak memiliki pemandangan menakjubkan. Hamparan bukit hijau berpadu indah dengan danau toba yang begitu luas.

Instagramable, begitulah kesan yang didapatkan ketika berada di Bukit yang berjuluk Bukit Teletubbies ini. Menakjubkan, sejauh mata memandang, terpancar keindahan yang begitu mempesona.

Bukit Holbung terletak di Desa Dolok Raja, Kecamatan Harian, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara.

Tempat ini merupakan salah satu sisi teridan di Danau Toba. Untuk fasilitas, di tempat ini telah tersedia parkir dan toilet yang cukup bersih.

7. Air Terjun Efrata


Sumber : @lezz_04 via instagram
Keindahan alam Samosir memang tak diragukan lagi. Tempat selanjutnya yang bisa kamu kunjungi adalah air terjun Efrata.

Pesona keindahan air terjun ini begitu menyejukkan mata. Air terjun Efrata memiliki ketinggian sekitar 100 meter.

Air terjun Efrata, alirannya bermuara ke Danau Toba melewati hutan Tele nan indah.

Lokasi Air terjun Efrata ini terletak di Desa Sosor Dolok, Kecamatan Harian. Berjarak 20 km lebih dari pusat kota Kabupaten Samosir.

Bagi Anda pecinta alam yang menyukai kesunyian maka tepat bagi Anda untuk datang ke lokasi ini.

Tidak terlalu banyak wisatawan kemari, meskipun pada musim liburan, mungkin karena jaraknya cukup jauh dari objek wisata yang familiar dan cukup terkenal di Samosir yakni Danau Toba.

Untuk fasilitas di tempat ini boleh dibilang masih nol. Untuk itu persiapkan bekal dan fisik sebelum ke tempat ini. Pastikan kendaraan Anda fit.

8. Menara Pandang Tele


Sumber :@ariebumbum via instagram
Bayangkan indahnya Danau Toba terpampang luas di hadapan Anda!. Sungguh luar biasa bukan?. Danau Toba dengan panorama yang super eksotis membuat siapapun akan terpesona dan takjub.

Hal yang perlu Anda ketahui, Danau Toba itu sangat luas dikelilingi oleh tujuh Kabupaten dan bisa menikmati pemandangannya dari berbagai sisi.

Salah satu pemandangan spektakuler Danau Toba bisa dilihat dari Menara Pandang Tele. Pemandangan menyejukkan hati dan menenangkan pikiran Anda. Rugi rasanya jika ke Danau Toba, Anda tidak berkunjung ke menara yang satu ini.

Bagi Anda penikmat fotografi, maka tempat ini menyajikan latar belakang pemandangan yang menakjubkan. Panorama danau toba dan bebukitan hijau di daratan Samosir berpadu indah. Benar-benar karya Tuhan yang menakjubkan.

Untuk mengunjungi tempat ini, Anda harus menyiapkan tiket masuk sekitar 2 ribu rupiah. Gak tahu kalau sekarang kalau sudah berubah. 

Menara Pandang Tele terletak di Tele, Kecamatan Harian, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara. Fasilitas di tempat ini boleh dibilang cukup minim. Namun Anda masih nyaman jika berkunjung ke tempat ini karena tersedia fasilitas seperti toilet.

Bagi Anda yang ingin membeli makanan, di belakang lokasi ini tersedia sebuah rumah makan dan warung yang menawarkan makanan cukup mengenyangkan. Harga juga terbilang bersahabat.

9. Air Terjun Bukit Gibeon

Sumber :@andhikadeadyy via instagram
Ada satu lagi air terjun yang amat menakjubkan adalah air terjun Bukit Gibeon. Hembusan angin sejuk disertai indahnya pemandangan Danau Toba akan membuat tentram hati anda yang mengunjunginya.

Air Terjun Gibeon terletak di Kecamatan Lumban Julu, Kabupaten Toba Samosir. Air terjun ini berada tak jauh dari Bandara Sibisa, Kecamatan Ajibata.

Indahnya pemandangan alam yang begitu alami, trekking cukup singkat harus dilalui untuk sampai ke tempat ini. Memang cukup melelahkan untuk bisa sampai ke tempat ini. Akan terbayar ketika Anda melihat keindahan air terjun yang begitu luar biasa ini.

Waktu ke sini fasilitas bisa terbilang lengkap dan terawat. Toilet, tempat merokok dan kamar ganti tersedia di tempat ini. Fasilitas kolam renang tersedia di tempat ini yaitu untuk anak-anak, dewasa dan balita.

Di sini tersedia kuda yang bisa disewakan. Nggak tahu kalau sekarang apa masih ada. Pokoknya, Anda tidak menyesal berkunjung ke tempat ini.

10. Pantai Parbaba


Sumber :@muthukumar04
Mengunjungi pantai berpasir putih dipinggir lautan, mungkin sudah biasa. Pantai Pasir Putih Parbaba di Desa Huta Bolon, Kecamatan Pangururan, Sumatera Utara.

Dari ibukota kecamatan Parguruan, Anda dapat memacu kendaraan selama 30 menit untuk sampai di lokasi ini. Sesampai di lokasi, keindahan Pantai Parbaba begitu menakjubkan. 

Pasir Putih pantai nan indah berpadu dengan deru ombak air danau Toba. Jika sahabat Bang Mamad berkunjung ke tempat ini, sebaiknya Anda datang pada hari biasa. Karena jika berkunjung pada saat hari libur tempat ini sangat ramai.

Bagi Anda yang berkunjung ke tempat ini, fasilitas di tempat ini terbilang lengkap. Toilet, tempat duduk dan beragam wahana permainan air dapat Anda nikmati di tempat ini.

Waktu ke sini tersedia wahana banana boat yang disewakan untuk delapan orang dan jetski yang disewakan dengan harga 200 ribu rupiah persetengah jam.

Selain itu ada sepeda air, ban dan wahana permainan lainnya yang ditawarkan dengan harga variatif. 50 ribu untuk sewa sepeda air dan 10 ribu untuk sewa ban. Di tempat ini juga tersedia tikar yang dapat Anda sewa dengan harga 10 ribu rupiah sepuasnya.

Bagi Anda pecinta wisata kuliner, Anda tak perlu khawatir karena tempat ini menyajikan beragam hidangan khas dan mengenyangkan.

11. Tuktuk Samosir Siadong


Sumber : @stvn_brian via instagran
Saat ini Bang Mamad sedang berbicara tentang salah satu tempat wisata favorit di Samosir. Sebuah desa wisata yang menawarkan segala bentuk keindahan nan memanjakan mata. 

Bisa dibilang Tuk Tuk merupakan pusat kuliner, budaya dan segala keindahan yang ada di Samosir. tak butuh waktu lama untuk mengelilingi desa nan indah ini. Cukup dengan waktu dua jam saja Anda dapat melihat betapa indah dan kayanya desa wisata ini.

Di sini tak hanya menikmati keindahan danau toba, Anda juga bisa menikmati bersepeda mengelilingi desa ini, wisata kuliner dan berpelesir menggunakan kapal. Kalau ke Danau Toba, tak lengkap rasanya jika tidak singgah di Tuk Tuk.

Itu dia sebelas tempat wisata di Samosir pilihan Bang Mamad. Anda boleh setuju boleh tidak. Yang jelas semua keindahan tersebut harus Anda jaga. Jangan kotori dengan sampah. Selamat berlibur Guys !.

Post a Comment for "Menakjubkan, Inilah 11 Objek Wisata Kabupaten Samosir yang Wajib Dikunjungi"

Berlangganan via Email