17 Tempat Wisata di Gerung Lombok Barat Yang Paling Menarik Dikunjungi

Tempat Wisata di Lombok Barat - Lombok merupakan salah satu destinasi wisata terbaik yang dimiliki Indonesia. Banyak yang mengatakan bahwa alam Lombok sangatlah indah. Bahkan ada yang mengatakan jauh lebih indah dibanding Bali yang menjadi ikon wisata Indonesia.

Ada banyak keindahan alam yang dapat Anda nikmati di Lombok. Salah satu kabupaten yang terdapat di Pulau Lombok adalah Lombok Barat. Alam hijau, savana, bebukitan indah dengan view laut biru jernih, pasir putih pantai dan ombak yang mengalun membuat Lombok Barat layak dikatakan paradise.

Tak hanya alam yang indah, keindahan budaya Lombok Barat dan kelezatan kulinernya membuat siapa saja betah berlama-lama berlibur di Lombok Barat.

Tak hanya itu, Lombok juga merupakan objek wisata halal terbaik di dunia. Jadi, bagi Anda yang muslim tentunya tak sulit untuk mencari tempat berwisata kuliner di Lombok.

Apa saja tempat wisata terbaik yang dapat Anda kunjungi di Lombok Barat, kali ini Bang Mamad akan ulas semuanya untuk Anda.

1. Pesona Teluk Mekaki



Sumber : @herkiandi via Instagram
The Hidden Paradise in Lombok, mungkin inilah gambaran yang tepat untuk menggambarkan pesona Teluk Mekaki. Hamparan pasir putih, birunya laut, hijaunya bebukitan, nyiur melambai dan deburan ombak menjadi gambaran indah teluk yang masih sepi ini.

Teluk Mekaki terletak di Kecamatan Sekotong, Kabupaten Lombok Barat. Teluk ini berjarak sekitar 70 kilometer dari Kota Mataram. Sepanjang perjalanan Anda akan dihibur dengan keindahan alam yang begitu memanjakan mata.

Jika Anda penikmat fotografi maka dari puncak bukit ini Anda dapat mengambil foto dengan latar begitu indah yaitu Teluk Mekaki. Sangat sayang rasanya jika ke Lombok Barat Anda tak singgah ke pantai yang masih sunyi dan perawan ini.

2. Pura Batu Bolong

Sumber : @liburansari via Instagram
Pantai Batu Bolong ataupun Pura Batu Bolong merupakan salah satu ikon yang ada di Lombok Barat. Pura ini merupakan salah satu tempat terbaik untuk menikmati matahari terbenam kala senja menyapa. Pura ini tak kalah indahnya dengan Tanah Lot yang ada di Tabanan, Bali.

Tak heran jika Pura Batu Bolong merupakan salah satu objek wisata di Bali yang paling ramai dikunjungi baik wisatawan lokal maupun mancanegara. Pura ini menghadap selat Lombok dan Gunung Agung Bali.

Pura ini berada tak jauh dari Senggigi, tepatnya berada di Jalan Raya Senggigi, Desa Batu Layar, Kecamatan Batu Layar, Kabupaten Lombok Barat. Berjarak sekitar 14 kilometer dari Kota Mataram. Untuk masuk ke Pura Batu Bolong, Anda diharuskan membayar Rp10.000,- per orang. 

3. Pantai Senggigi


sumber : www.toptourist.com
Pantai Senggigi merupakan pantai paling terkenal di Lombok. Pantai ini memiliki pasir putih nan halus, air yang sangat jernih, dan alam bawah laut yang begitu indah. Pesisir pantai nan begitu asri membuat aktivitas berenang dan snorkelling begitu mengasyikkan. Bicara fasilitas tak perlu khawatir, tempat ini memiliki fasilitas dan akomodasi yang lengkap.

4. Taman Narmada 


sumber : wisata-sejarah.kampung-media.com
Taman Narmada merupakan salah satu pesona lainnya yang dimiliki Lombok Barat. Di Taman Narmada Anda dapat menikmati suasana sejuk dan hijaunya pepohonan yang berpadu dengan kolam-kolam cantik.

Di taman ini Anda dapat sekedar duduk santai menikmati pemandangan ataupun berbasah-basahan menikmati kesegaran air kolam ataupun mata air yang berasal dari Rinjadi.

Taman Narmada terletak di di Desa Lembuak, Kecamatan Narmada, Kabupaten Lombok Barat. Desa ini berjarak sekitar 10 kilometer sebelah timur Kota Mataram. Untuk memasuki taman indah dengan suasana khas Hindu ini Anda akan dikenakan biaya masuk Rp10.000,- perorang.

5. Hutan Sesaot 


Sumber : @sanggranusantara via Instagram
Inilah salah satu pesona lainnya yang dimiliki Lombok Barat. Hutan Sesaot merupakan hutan yang sangat indah dengan aliran sungai dan empat puluh mata airnya. Di hutan ini terdapat Sungai Aiq Nyet yang memiliki pesona luar biasa.

Alam yang indah dan air yang bersumber dari Gunung Rinjani membuat tempat ini begitu mempesona. Hutan ini terletak di Desa Sesaot,  Kecamatan Narmada, kabupaten Lombok Barat. 

Untuk masuk ke tempat ini Anda akan dikenakan biaya Rp2.000,- per orang ditambah biaya parkir dengan tarif Rp5.000,- untuk motor dan Rp10.000,- untuk mobil.

6. Air terjun Timponan

Sumber : objekwisatapopuler.com
Air Terjun Timponan adalah potret keindahan alam lainnya yang dimiliki Lombok Barat. Pancuran air dengan dinginnya menyambar ke tubuh ketika sampai ke tempat nan eksotis ini. Nyanyian burung dan suara alam seakan-akan menjadi hiburan tersendiri bagi yang datang ke tempat yang dikelilingi pepohonan lebat ini.

Tak mudah untuk ke lokasi air terjun yang berada di kaki Gunung Punikan ini. Turunan curam harus Anda lewati untuk sampai ke lokasi air terjun yang terletak di Dusun Punikan, Desa Batu Mekar, Lombok Barat ini. Jaraknya kira-kira sekitar satu jam lebih dari Kota Mataram.

Untuk masuk ke lokasi ini Anda diharuskan membayar Rp2.000,-. Tak ada fasilitas yang ada di air terjun yang berada di tengah hutan ini. Keindahannya akan membuat Anda bahagia mengabadikan momen di tempat ini.

7. Bukit Malimbu


Sumber : @jelajahlombok via Instagram
Salah satu tempat terbaik menikmati keindahan sunset yang begitu romantis kala senja menyapa adalah di Bukit Malimbu. Dari tempat ini terletak jauh dari Pantai Senggigi Anda dapat memandangi hamparan pemandangan yang sangat menyejukkan mata. Letaknya tak jauh dari jalan raya, jadi aksesnya sangat mudah.

8. Pantai Kerandangan

sumber : pictaram.com
Memandangi pantai di Lombok merupakan surga bagi pecinta wisata Bahari. Pantai Kerandangan merupakan salah satu pesona keindahan yang sangat layak untuk dinikmati. Pantai berpasir hitam lembut ini tak kalah eksotisnya dengan Pantai Senggigi.

Pantai ini berdampingan dengan Pantai Senggigi dan Bukit Malimbu. Pesona keindahannya akan merasakan suasana indah khas alam lombok.

9. Pantai Nambung Lombok



Tak hanya di Jogja, di Lombok juga terdapat air terjun yang berasal dari hempasan ombak laut. Pantai Nambung Lombok merupakan pesona keindahan pantai yang begitu khas. Hamparan pemandangan laut begitu indah berpadu dengan bebukitan mengelilinginya.

Di Pantai Nambung, Anda juga dapat menikmati kolam pemandian yang terletak di bawah air terjunnya. Selain itu, dengan membayar Rp10.000,- Anda dapat bermain perahu seru menyusuri pantai nambung ini.

10. Pantai Pangsing


sumber : mapio.net
Salah satu pantai yang memliki suasana yang amat private adalah suasana di Pantai Pangsing. Pantai Pangsing ini terletak di desa Buwun Mas, Sekotong Timur, Kabupaten Lombok Barat. Pesona keindahannya akan benar-benar memberikan ketenangan bagi Anda yang mengunjunginya.

11. Gili Kedis


Sumber : @siskaraditya via Instagram
Mungkin sudah tak asing lagi bagi kita mendengar nama Gili Trawangan. Ternyata keindahan Lombok tak hanya di Gili Trawangan tersebut. Ada Gili Kedis yang tak kalah indahnya jika dibandingkan dengan Gili Trawangan.

Memang untuk ke Gili Kedis tak semudah akses ke Gili lainnya. Untuk sampai Anda perlu melakukan perjalanan menuju pelabuhan di Sekotong Tengah. Tak ada dermaga di Pelabuhan ini karena pelabuhan ini hanyalah pelabuhan nelayan tradisional.

Untuk menyeberang ke Gili Kedis, Anda dapat menyewa kapal motor nelayan yang memiliki kapasitas 6 orang. Jaraknya hanya sekitar 20 menit perjalanan. Tarif penyeberangan bisa tawar menawar karena nelayan setempat sangat ramah.

Meninjakkan kaki ke pulau mungil nan eksotis ini, Anda akan melihat keindahan yang begitu mempesona. Pasir putih nan halus mengelilingi sedikit tumpukan pohonan hijau di tengah pulau. 

Air laut yang mengelilingi bak kaca begitu jernih. Aktivitas snorkeling, berjemur, berenang atau sekedar bersantai serasa di private island dapat Anda rasakan di Gili Kedis. Bicara fasilitas, tempat ini belum memiliki fasilitas apapun.

12. Cafless Water Park

sumber : diditpharm.blogspot.co.id
Bagi Anda yang ingin berekreasi sembari menikmati wahana permainan air yang menarik. Maka Anda dapat mengunjungi  Cafless Water Park. Tempat ini terletak di Jalan Raya Gunungsari - Tj. KM.2 No.1, Kelurahan Kekait, Kecamatan Gunung Sari, Kabupaten Lombok Barat.

Dengan tiket masuk Rp50.000,- dijamin Anda akan menikmati keindahan tempat ini dengan puas. Di waterpark ini Anda dapat menikmati alam yang hijau dengan fasilitas lengkap dan kenyamanan karena kebersihannya.

13. Pemandian dan Hutan Lindung Suranadi


Sumber : @h_eckstein via Instagram
Salah satu tempat yang memberikan suasana amat santai adalah menikmati kesejukan di pemandian Suranadi. Hijaunya alam den sejuknya udara membuat tempat ini layak dijadikan tujuan bagi Anda yang mencari ketenangan.

Di dalam taman ini terdapat bangunan peribadatan umat Hindu yaitu Pura. Bangunan unik dan deretan penjual makanan adalah pemandangan lainnya yang dapat Anda nikmati di tempat ini. Kuliner Sate Bulayak merupakan makanan khas yang dapat menggoyangkan lidah Anda dapat dinikmati di Taman Puranadi.

14. Wisata Pantai Cemare


Sumber : @saharbinex via Instagram
Dinamakan Pantai Cemare karena di pantai nan eksotis ini terdapat banyak pohon cemara. Pantai ini juga berada tak jauh dari kawasan hutan mangrove. Meski pasir pantainya tak berwarna putih, airnya yang jernih serta pemandangan sekeliling yang begitu mengagumkan membuat tempat ini sangat layak dikunjungi.

Pantai Cemare terletak di dusun Cemare, Desa Lembar, Kecamatan Lembar, Kabupaten Lombok Barat. Berada sekitar 30 menit dari Bandara Internasional Lombok. Pemandangan di sepanjang perjalanan akan menjadi hiburan tersendiri bagi Anda.

15. Desa Banyumulek



Salah satu tempat yang sangat layak Anda kunjungi adalah Desa Banyumelek. Di Desa Banyumelek Anda dapat menemukan berbagai kerajinan keramik yang sangat khas. Gerabah dan keramik di desa ini adalah barang berkualitas ekspor. Desa Banyumulek, berada di Kecamatan Kediri, Lombok Barat. Berjarak sekitar 13 kilometer dari kota Mataram.

16. Bukit Batu Idung Gerung

sumber : diditpharm.blogspot.co.id

Inilah salah satu bukit cantik yang ada di Gerung. Wisata Batu Idung terletak di Dusun Gerebegan, Desa Jembatan Gantung, Kecamatan Gerung. 

Dinamakan Batu Idung karena bentuknya menyerupai idung manusia. Perjalanan melelahkan untuk sampai ke puncak akan terbayar dengan keindahan alam yang Anda saksikan di puncak Bukit Idung ini.

Hamparan sawah dan pepohonan hijau akan menjadi pemandangan nyata dan romantis yang Anda saksikan. Tak terlukiskan bagaimana pemandangan indah yang ada di puncak bukit ini.

17. Menikmati Sate Bulayak


sumber : @alievhfr_ via instagram
Salah satu makanan khas yang dapat Anda nikmati di tempat ini adalah Sate Bulayak. Sate khas Lombok ini menjadi kuliner yang wajib dicoba di Lombok. Banyak tempat yang dapat Anda kunjungi untuk menikmati penganan khas Lombok ini. Salah satunya adalah di Taman Suranadi. Kelezatan sate ini dijamin akan menggoyang lidah Anda.

Nah, itulah tempat wisata yang dapat Anda kunjungi di Lombok Barat. Pesona alamnya akan memanjakan setiap wisatawan yang mengunjunginya.

Semoga kedepannya tempat-tempat tersebut semakin layak dikunjungi karena kehadiran fasilitas penunjang yang lengkap dan akses yang mudah.  Baca juga 20 Tempat Wisata di Lombok Nusa Tenggara Barat yang Paling Menarik dan Mempesona.

Post a Comment for "17 Tempat Wisata di Gerung Lombok Barat Yang Paling Menarik Dikunjungi "

Berlangganan via Email