Eksotisme Bukit Jaddih, Wisata Paling Hits di Madura

Wisata Hits di Madura - Keindahan Madura benar-benar akan membuat siapa saja kagum. Pulau yang kaya akan tradisi dan kebudayaan ini juga kaya akan hasil garam serta memiliki alam yang amat indah.

sumber : @oman_ohim via Instagram
Salah satu pesona wisata yang lagi hits di Madura adalah keindahan bukit kappur Jaddih. Karena keindahannya banyak wisatawan yang datang ke tempat ini hanya untuk sekedar  foto ataupun bersantai menikmati keindahan alam yang luar biasa. 

Keindahan Bukit Jaddih
Bukit jaddih memiliki berbagai keindahan yang menjadi alasan mengapa para pengunjung betah berlama-lama di tempat bekas penambangan kapur di Bangkalan ini. Keindahan tersebut antara lain : 

sumber : @oman_ohim via Instagram
1. Menikmati pemandian alami kolam renang Goa Pote
Aeng Goweh Pote menurut bahasa setempat yang artinya air gua putih. Pemandian alami yang benar-benar indah dengan air yang amat menakjubkan. Semanjak dibangunnya wisata pemandian yang berada di tengah perbukitan lokasi tambang ini, lokasi ini seamakin ramai dikunjungi 

Sebuah keindahan yang belum pernah terbayangkan. Wisata pemandian seluas 10 x 6 meter ini dibangun tahun 2010 silam. Di gagas oleh seorang warga bernama Mustofa. Ia rela mengeluarkan uang pribadinya untuk menjadikan kawasan ini menjadi kawasan wisata yang lebih berkembang lagi.

Menikmati pemandian di tengah lokasi tambang tentu menjadi pengalaman yang tidak bisa di lupakan. Harga tiket masuk kolam renang Goa Pote adalah sebesar Rp10.000,- perorang (jika belum berubah ya). Fasilitas di tempat ini juga terbilang tak kala dengan tempat lain. 

Di tempat ini tersedia toilet yang nyaman, ruang ganti yang cukup aman, permainan seluncuran mini, ember tumpah mini, tempat duduk dan sederet fasilitas lainnya yang akan membuat perjalanan wisata menjadi lebih menyenangkan. Harga tiket masuk yang pantas untuk sebuah keindahan yang luar biasa.

2. Wisata Sejarah Goa Pote 
Bukit Jaddih juga menyimpan cerita sejarah dengan keberadaaan goa Pote. Sebuh goa yang amat indah dengan panjang sekitar 145 meter. Goa ini konon adalah tempat Jepang menyimpan senjata dan menjadi salah satu benteng pertahanannya di Madura.

Tempat ini merupakan salah satu icon bukit Jaddih. Namun, disayangkan keindahannya banyak dirusak dengan coretan yang dibuat oleh pengunjung di tempat ini. Bukit Jaddih kini memang menjadi perbincangan di kalangan pelancong. Betapa tidak, potensi potensi bukit Jaddih semakin hari semakin berkembang. 

3. Memandangi Keindahan Kota Madura

sumber : @jejakbayuubay via Instagram
Bukit Jaddih adalah salah satu tempat terbaik untuk memandangi keindahan kota Madura. Saat berada di puncak bukit Jaddih ini anda akan melihat bebukitan yang indah di satu sisi dan kota Bangkalan di sisi lainnya. Pemandangan yang menkjubkan dan syahdu juga Anda rasakan ketika matahari terbit dan tenggelam. Sebuah hal yang menarik dan amat mengesankan.

4. Aktivitas Tambang yang Masih Aktif
Di kawasan bukit seluas 500 hektare ini masih tersimpan potensi tambang batu kapur yang menjadi sumber pencaharian warga sekitarnya. Aktivitas tambang tersebut dapat menjadi salah satu hal menarik yang Anda temui di tempat ini. Berfoto ataupun sekedar melihat aktivitas tambang kapur dapat memberikan pengalaman yang sulit ditemui di tempat lainnya.

5. Menjelajahi Bukit Kapur
Karena luasnya kawasan ini, Anda dapat melakukan penjajahan dengan sepeda ataupun trail. Berkeliling di tempat ini Anda akan menemukan tempat-tempat indah yang layak untuk Anda jadikan spot foto menarik.

6. Karya Seni Batu yang Indah
Jajaran bukit kapur yang terhampar luas ini merupakan aset masyarakat sekitar. Tempat ini adalah tempat tambang batu kapur putih yang dijadikan sebagai bahan untuk membuat bangunan rumah. Tanpa disangka bekas tambang tersebut menciptakan sebuah karya seni batu yang amat luar biasa. 

Indah dan eksotis, sangat bagus untuk enggel kamera Anda. Tempat yang disandingkan dengan Kapadokia Turki ini merupakan surga bagi fotograpi. Hamparan bukit kapur berwarna putih dan hitam dengan guratan yang artistik tersebut adalah latar belakang yang sempurna untuk foto Anda.

7. Udara yang Sejuk 
Tempat ini juga dikelilingi pepohonan dan semak belukar yang membuatnya lebih menarik dan indah. Udaranya pun terasa cukup sejuk. Sebuah hal yang mungkin tidak Anda bayangkan sebelumnya. Benar-benar tempat yang menarik untuk dikunjungi.

8. Danau Biru
Selain kemegahan gua Pote yang begitu indah. Salah satu tempat yang tak boleh Anda lewatkan adalah keindahan danau biru. Danau dengan warna biru kehijauan ini memiliki air yang bening berpadu indah dengan dinding kapur berwarna putih. Tempat ini seakan menyihir para pengunjung untuk datang dan berfoto selfie

Danau ini memliki kedalaman sekitar 2,5 meter dan terbentuk akibat aktivitas penambangan kapur. Di tempat ini pengunjung dapat menaiki rakit atau perahu yang ada di sini. Danau ini merupakan salah satu tempat teramai yang ada di Bukit Jaddih.

Di tempat ini telah tersedia lahan parkir dengan tarif Rp5.000 untuk kendaraan roda empat dan Rp2.000,- sepeda motor. Untuk pergi ke danau ini sebaiknya anda menyiapkan bekal makanan dan minuman serta payung. Berada di dekat danau ini udara begitu terasa panas.

Lokasi dan Rute Bukit Jaddih

sumber : mesikapw.com
Bukit Jaddih, wisata yang mulai dilirik oleh wisatawan dalam dan luar negeri ini terletak di desa Jaddih kecamatan Socah kabupaten Bangkalan Madura. Untuk mencapai lokasi ini Anda bisa melewati Jl. Kamal - Kalianget/Jl. Soekarno Hatta. Setelah itu Anda harus belok kiri memasuki jalan Raya Jaddih dan Tak jauh Anda akan menemukan lokasi wisata ini.

Tiket Masuk Bukit Jaddih
Untuk memasuki kawasan wisata ini Anda diharuskan membayar biaya masuk di pos desa dengan biaya Rp2.000,-. Untuk memasuki kawasan danau biru Anda akan dikenakan biaya lagi Rp5.000,- ditambah dengan biaya parkir Rp5.000,-. Jika Anda ingin berenang dikolam renang yang ada di bawah bukit Jaddih, harga tiket yang dibayar adalah Rp7.500,- pada hari biasa dan Rp10.000 pada hari libur atau weekend.

Biaya di atas jika tidak ada terjadi perubahan. Semoga kedepannya objek wisata ini bisa dikelola dengan baik oleh pemda setempat. Dan jangan lupa untuk tetap menjaga keindahan tempat ini. Jangan Anda rusak dengan sampah ataupun coretan tangan yang tak bertanggung jawab. Baca Juga Kampung Jodipan Malang Eksotisme Wisata Kampung Warna Warni.

Post a Comment for "Eksotisme Bukit Jaddih, Wisata Paling Hits di Madura"

Berlangganan via Email