11 Tempat Wisata di Kepulauan Derawan Berau Kaltim yang Paling Menarik

Wisata Derawan - Derawan, gugusan pulau yang berada di timur Kalimantan ini memiliki berbagai keindahan dan keunikan yang sulit kita temui di tempat lainnya. Pesona yang menjadikan tempat ini salah satu primadona wisata di Indonesia.

Airnya yang jernih seakan memanjakan mata kita untuk menikmati keindahan gugusan pulau yang ada di Berau ini. Pulau Derawan merupakan gugusan pulau yang termasuk ke dalam wilayah administratif kabupaten Berau, Kalimantan Timur.

sumber : www.pinterest.com
Banyak hal menarik dapat kita lakukan di tempat ini, mulai dari berenang cantik bersama lumba-lumba dan hiu paus, menyelami terumbu karang indah, uji nyali hingga berbaur dengan masyarakatnya yang begitu ramah.

Keragaman hayati di tempat ini membuat Anda tak akan berhenti untuk mengaguminya. Ternyata di Kepulauan Derawan ini tak hanya alamnya saja yang indah, tapi juga keramahan dan keragaman penduduknya.

Semakin dijelajahi pulau Derawan ini semakin menarik. Wilayah yang merupakan gugusan pulau dalam tiga kecamatan ini memiliki keajaiban alam yang menakjubkan.

Di semua sisi kecamatan Pulau Derawan, Maratua, dan Biduk Biduk ini Anda akan menikmati sensasi wisata yang begitu indah dan tak terlupakan bagi Anda.

Apa saja tempat wisata yang dapat Anda kunjungi di Kepulauan Derawan. Nah kali ini Bang Mamad akan ulas selengkapnya untuk Anda.

1. Taman Bawah Laut Derawan

sumber : paradizhop.blogspot.com
Bahagia sekali rasanya jika Anda tinggal di Kepulauan Derawan. Setiap hari betapa bahagianya Anda disuguhkan oleh Tuhan pemandangan yang amat menakjubkan.

Salah satu hal yang paling menarik di Derawan adalah menyelam. Snorkeling dan diving adalah aktivitas wajib yang tak boleh Anda lewatkan di tempat ini.

Beragam tempat di gugusan pulau ini merupakan tempat menyelam terbaik yang sangat indah. Salah satu yang dapat Anda kunjungi adalah Sniper Snorkeling Spot. Di tempat ini Anda dapat menikmati indahnya terumbu karang dan biota laut yang amat cantik.

Sangatlah banyak spot menyelam di kepulauan Derawan, Sangalaki, Kakaban dan Maratua. Namun, yang paling favorit adalah di Maratua. Di spot diving yang bernama Big Fish Country ini Anda dapat menemukan kekayaan bawah laut yang akan membuat Anda tercengang.

2. Danau Ubur-Ubur Pulau Kakaban

sumber : @fadrisvalentino via Instagram
Inilah salah satu dari tiga tempat di Indonesia yang menjadi habitat ubur-ubur tak menyengat. Sebuah danau cantik dan eksotis dengan pemandangan luar biasa. Danau ini terletak di Pulau Kakaban.

Pulau Kakaban adalah pulau dengan luas 774,2 hektar. Pulau ini merupakan satu-satunya pulau di Indonesia yang terdapat danau di tengahnya. Kesan eksotis dan kekaguman yang luar biasa ketika menginjakkan kaki ke Danau yang berada di Kecamatan Pulau Derawan ini.

Keindahan pepohonan hijau yang mengelilinginya berpadu indah dengan keanekaragaman biota laut di bawah airnya. Benar-benar unik dan langka. Pemandangan super eksotis ini mungkin hanya bisa Anda temui di Pulau Kakaban ini.

3. Pantai Pulau Derawan

sumber : @djakasr_ via Instagram
Bisa dibilang diseluruh pulau yang berada di gugusan Kepulaun Derawan memiliki pantai yang sangat cantik. Hamparan indah pasir putih akan menemani aktivitas mandi Anda di air laut yang biru jernih.

Semuanya memberikan suasana dan kesan yang mendalam. Boleh dibilang pantai dan bawah laut Derawan adalah surga bagi pecinta wisata bahari.

4. Eksotisme Pulau Sangalaki

sumber : imgrum.net
Pulau Sangalaki merupakan salah satu pulau tereksotis di Berau. Hamparan pasir putih dan spot diving terbaik menjadikannya salah satu lokasi wajib yang Anda kunjungi di Derawan. Di pulau seluas 15 hektare lebih ini merupakan salah satu persinggahan habitat penyu.

Berada di pulau ini Anda akan melihat kesempurnaan pantai dan birunya laut dengan keanekaragaman hayati di dalamnya. Apalagi kala senja menyapa, suasana di pantai ini akan terasa begitu santai dan romantis.

5. Keindahan Gua Haji Mangku

sumber : @deckysofyan via Instagram
Salah satu petualangan seru adalah mengunjungi Gua Haji Mangku. Namanya begitu unik bukan. Inilah sebuah gua indah yang di dalamnya memiliki air biru jernih bagaikan kaca.

Goa yang masuk ke wilayah Desa Payung-Payung Kecamatan Maratua ini merupakan salah satu tempat yang amat sayang Anda lewatkan di Derawan. Untuk sampai ke gua ini Anda diharuskan trekking dan perjalanan melewati laut yang cukup melelahkan.

Rasa lelah Anda akan hilang ketika melihat keajaiban alam di tempat ini. Gua ini sangat cocok dijadikan sebagai salah satu spot cliff jumping yang seru. Pesona dari gua Haji Mangku pastinya memberikan pengalaman tak terlupakan bagi Anda.

6. Keindahan Pulau Maratua

sumber : travel.kompas.com
Salah satu pulau terbaik di Derawan adalah Pulau Maratua. Pulau dengan pemandangan amat menyejukkan mata. Hamparan mangrove, batu karang, biota laut, terumbu karang dan fasilitas berkelas internasional seperti resort mejadikan tempat ini salah satu tempat yang wajib Anda kunjungi di Derawan.

Pulau ini dapat begitu memanjakan Anda. Selain pantai yang indah dan alam laut yang begitu mempesona, di pulau ini juga terdapat Danau Haji Buang dan Danau Tanah Bamban. Pesona indah pulau ini membuat Anda begitu betah berlama-lama berwisata di tempat ini. 

7. Pesona Indah Danau Labuan Cermin

sumber : lucudanunik.com
Tempat indah selanjutnya adalah danau Labuan Cermin yang sangat hits. Airnya sangat bening bak cermin. Pemandangan menuju labuhan cermin sangat indah. Anda harus melewati sungai yang ditumbuhi pepohonan bakau yang amat lebat untuk sampai di tempat ini.

Danau indah ini merupakan pertemuan antara air tawar dan air asin yang amat bening. Eksotis, begitulah kesan yang akan Anda rasakan melihat danau di pinggir laut yang dikelilingi pohonan lebat ini.

Kejernihan airnya menyebakan kita dapat memandangi dasar danau amat jelas. Tak salah jika danau ini diberi nama Labuan Cermin. Indah dan merupakan hal yang tak terlupakan jika Anda berada di tempat ini.

8. Menginap Derawan Dive Resort

sumber : tripadvisor.co.id
Salah satu pilihan menginap bagi Anda penikmat snorkeling dan diving adalah di Derawan Dive Resort. Di resort yang menghadap ke laut ini Anda akan menemukan pengalaman yang luar biasa. Dari resort ini Anda tinggal lompat ke laut untuk menyaksikan alam bawah laut yang menakjubkan.

9. Berenang Bersama Hiu Paus di Taliyasan


sumber : @packngo.tour via Instagram
Ternyata tak hanya di Gorontalo saja Anda dapat berenang dengan hiu paus. Di Kecamatan Taliyasan Anda juga dapat menemui hal yang sama. Sebuah hewan besar yang ternyata sangat jinak dapat Anda temui di tempat ini. Berenang bersama hiu paus ini merupakan pengalaman yang amat berharga.

Salah satu hal yang tak boleh dilewatkan jika Anda ke Derawan untuk singgah ke tempat ini. Jaraknya pun tak begitu jauh. Biasanya banyak paket wisata yang menyediakan paket ke Derawan sekaligus berkunjung ke lokasi hiu paus ini.

10. Hijaunya Mangrove Derawan

Sumber : visitorangutan.com
Hijaunya Mangrove dapat juga Anda temui di beberapa spot di Derawan. Hutan mangrove nan hijau ini benar-benar menyejukkan mata Anda. Suasana sejuk terasa begitu indah kala senja menyapa. Amat terasa indah apabila Anda mengunjungi hutan mangrove Derawan saat matahari hendak beranjak ke peranduannya.

11. Pulau Gusungan Sanggalau

sumber : dyahpamelablog.wordpress.com
Salah satu tempat yang indah adalah sebuah pulau mungil berpasir putih. Pulau ini tak begitu lebar hanya saja bentuknya menajang. Tak ada pepohonan di pulau nan terhampar indah ini.

Aktivitas paling seru di pulau ini adalah berenang ataupun main bola bersama teman-teman. Menakjubkan hanya itulah kesan yang amat terasa ketika melihat pulau ini.

Birunya laut yang mengelilingi pulau ini dijamin akan menghilangkan segala kepenatan Anda. Menjelajahi pulai pasir  ini memang memberikan sensasi tersendiri. Pastinya di tempat ini Anda akan merasakan berada di pulau pribadi.

Fasilitas Di Kepulauan Derawan
Bagi Anda yang ingin berlibur ke pulau nan cantik ini, Anda tak perlu khawatir soal fasilitas. Di tempat ini telah tersedia bermacam resort berkelas yang dapat memanjakan Anda. Resort tersebut seperti :

  • Fisheries Eco Villa
  • Maratua Paradise Resort
  • Derawan Dive Lodge
  • Derawan Dive Resort

Itulah pesona keindahan surga di Timur Kalimantan ini. Keindahannya benar-benar membuat siapa saja yang berkunjung akan merasakan bahagia. Karena banyaknya tempat indah di Derawan, sebaiknya Anda mengambil paket wisata agar lebih hemat. Tempat ini dijamin akan memberikan sejuta memori indah bagi perjalanan hidup Anda. Baca juga Tempat Wisata di Balikpapan yang Lagi Hits, Bukit Bangkirai.

Post a Comment for "11 Tempat Wisata di Kepulauan Derawan Berau Kaltim yang Paling Menarik"

Berlangganan via Email