10 Tempat Wisata di Lampung Timur yang Paling Menarik Dikunjungi

Tempat Wisata di Lampung Timur - Lampung Timur merupakan salah satu kabupaten di provinsi Lampung yang memiliki beberapa destinasi wisata favorit bagi wisatawan dalam dan luar negeri.

Propinsi ini memiliki bentang alam yang beragam, mulai dari pantai yang indah, hutan yang lebat dan bebukitan yang mengelilinginya.

Siapa yang tak kenal dengan pesona indah Taman Nasional Way Kambas ataupun Pantai Labuhan Maringgai. Dua tempat tersebut merupakan potret keindahan alam yang menawarkan sebuah pengalaman wisata yang tak terlupakan bagi Anda.

Kabupaten Lampung Timur merupakan salah satu kabupaten yang berbatasan langsung dengan kota Bandar Lampung. Daerah ini memiliki ibukota pemerintahan yaitu Sukadana. Berjarak sekitar 80 kilometer dari pusat kota Bandar Lampung.

Beragam cerita dan pengalaman seru akan Anda temui apabila berkunjung ke Lampung Timur. Pengalaman dan cerita yang tentunya sulit untuk Anda lupakan.

Apa saja tempat-tempat seru dan menarik yang dapat Anda temui di Lampung Timur. Kali ini Bang Mamad pilihkan tempat terbaik untuk Anda kunjungi di Kabupaten Lampung Timur.

1. Taman Nasional Way Kambas


sumber : @(@hamishdw via Instagram
Tempat Pertama yang wajib Anda kunjungi apalagi kalau bukan Taman Nasional Way Kambas. Ya, sebuah kawasan konservasi yang namanya telah mendunia.  Tempat ini terkenal keindahan alam dengan koleksi ratusan gajah di dalamnya.

Di Taman Nasional Way Kambas dapat Anda temui pusat konservasi gajah, tempat di mana gajah-gajah dilatih berbagai atraksi unik dan menarik.

Pusat Konservasi Gajah bertujuan untuk melindungi gajah dari kepunahan dan buruan manusia yang tak bertanggung jawab. Pusat konservasi ini diharapkan mampu menjadi tempat penjinakan, pelatihan, perkembangbiakan dan konservasi gajah liar.

Selain gajah, di Taman Nasional Way Kambas Anda akan menemukan keindahan dan kekayaan flora dan fauna lainnya. Beragam tumbuhan liar seperti Api-api, Pidada, Nipah, pandan dan pepohonan lainnya membuat tempat ini terasa amat teduh.

Di tempat ini Anda juga menemukan hewan langka lainnya yaitu badak Sumatera dan Harimau sumatera yang terancam punah. Beragam hewan lainnya juga dapat Anda saksikan di tempat ini seperti Mentok Rimba, Buaya sepit, burung, monyet dan beragam jenis hewan lainnya yang mengisi setiap sisi Way Kambas.

Pesona alam di Way Kambas terlihat begitu indah. Banyak tempat-tempat menarik yang memberikan kesan yang indah bagi Anda. Kala pagi menyapa di pusat pelatihan gajah, Anda akan melihat betapa indahnya sunrise sembari mengamati gajah yang sedang mandi di sungai.

Kala senja menyapa Anda akan melihat pemandangan tak kalah menakjubkan. Hamparan savana yang luas berpadu sayu dengan cahaya senja menjadikan tempat ini terlihat begitu indah.

Bagi Anda yang ingin berkunjung ke tempat ini sebaiknya persiapkan diri Anda dengan matang. Sebagai kawasan wisata tempat ini masih menawarkan suasana begitu alami.

Persiapkan bekal makanan dan minuman agar Anda tak kelaparan berkunjung di tempat ini. Selain itu, persiapkan tempat duduk tikar yang harus Anda bawa dari rumah karena di tempat ini minim sekali fasilitas tersebut.

2. Pantai Kuala Kambas


sumber : mahalayati.ac.id
Tak hanya hutan yang kaya flora dan fauna, di bagian timur Way Kambas terdapat pantai indah yang begitu memberikan suasana berbeda. 

Pasir yang landai berpadu indah dengan air laut yang jernih dan hamparan pemandangan bebukitan yang mengelilinginya. Pantai hijau ini membuat siapa saja yang datang merasakan suasana begitu santai.

Kala senja tiba, bias matahari yang tenggelam di ufuk barat membuat berada di pantai ini terasa amat romantis. Di pantai ini Anda akan menemukan hal yang mungkin tak Anda temui di tempat lainnya. Tempat ini amat cocok dijadikan latar foto menarik bagi Anda.

3. Pantai Kerang Mas

sumber :dutalampung.com
Pantai Kerang Mas terletak di Desa Muara Gading Mas Kecamatan Labuhan Maringgai Kabupaten Lampung. Berjarak 80 kilometer dari pusat kota Bandar Lampung.

Meski pasir pantainya tak terlalu putih, lokasi ini terlihat bersih sehingga setiap hari ramai dikunjungi. Namun sayang fasilitas yang tersedia masih belum memadai. Akses jalan menuju ke pantai ini kondisinya belum terlalu baik.

Di pantai yang berombak kecil ini, Anda dan keluarga dapat asyik bermain air. Di Pantai Kerang Mas ini Anda dapat menyewa ban pelampung seharga Rp10.000,-. Tempat ini sangat sayang untuk Anda lewatkan jika berkunjung ke Lampung Timur.

4. Pesona Pantai Labuhan Maringgai



sumber : travelingyuk.com
Salah satu tempat paling eksotis di Lampung Timur adalah pantai Labuhan Maringgai. Pantai yang menawarkan pemandangan amat menakjubkan. 

Pantai Labuhan Maringgai terletak di Desa Muara Gading Kecamatan Labuhan Maringgai. Perpaduan alam tempat ini dijamin akan mampu menghilangkan sejenak kepenatan Anda. Alam yang asri begitu tampak serasi membuat liburan Anda di tempat ini terasa amat seru.

5. Taman Purbakala Pugung Raharjo



sumber : malahayati.ac.id
Pugung Raharjo merupakan sebuah taman purbakala yang cocok bagi Anda pecinta sejarah. Kompleks ini merupakan salah satu kompleks peninggalan dari masa kebudayaan megalit seperti arca, punden berundak, batu mayat (batu kandang), altar batu, menhir, batu berlubang, dan dolmen.

Selain itu ada pula peninggalan lainnya yang membuat tempat ini terlihat begitu indah dan bersejarah. Tempatnya sangat bersih dikelilingi pepohonan hijau dan sebuah rumah informasi yang menjelaskan tentang sejarah tempat ini.

Objek wisata ini terletak di Desa Pugung Raharjo, Kecamatan Sekampung Udik, Kabupaten Lampung Timur. Bagi Anda yang low budget dan ingin mempelajari salah satu tempat bersejarah, maka tempat ini layak Anda kunjungi di Lampung Timur.

6. Waterboom Tirta Kencana


sumber : plus.google.com
Berekreasi adalah hal paling menarik jika Anda liburan bersama keluarga. Salah satu pilihan tepat rekreasi Anda di Lampung Timur adalah berkunjung ke Waterboom Tirta Kencana.

Beragam wahana permainan air dan fasilitas di tempat ini tentunya dapat memanjakan Anda. Fasilitas tersebut antara lain :
  • Studio Record 
  • Bilyard
  • Waterboom Untuk Anak-Anak Dan Dewasa
  • Kolam Renang
  • Bunji Jumping
  • Dragon Coaster
  • Gazebo atau Ruang Rapat Untuk Umum
  • Kereta Mini
Dengan konsep yang dimilikinya plus tiket masuk yang tak begitu mahal. Tempat ini adalah pilihan tepat untuk liburan Anda bersama keluarga.

Untuk menuju objek wisata ini sangatlah mudah. Lokasinya berada tepat di pinggir jalan lintas Sumatera yaitu di Desa Sri Menanti, Kecamatan Bandar Sribawono, Kabupaten Lampung Timur.


7. Danau Way Jepara


sumber : travelingyuk.com
Way Jepara, salah satu danau di Lampung Timur ini menawarkan pemandangan yang cukup indah. Danau yang jernih ini dikelilingi hutan nan hijau dan kesejukan yang membuat perasaan begitu relaks.

Danau ini berada di Kecamatan Way Jepara yang merupakan bagian dari kecamatan yang ada di Kabupaten Lampung Timur. Untuk memasuki danau nan indah ini Anda tak dikenakan biaya apapun. 

Fasilitas yang tersedia pun terbilang minim. Walau begitu suasana indah yang ditawarkan danau ini mampu memberikan sebuah pengalaman wisata yang berkesan bagi Anda.

8. Mangrove Center Desa Purwarejo


sumber : YoPiknik.com
Salah satu yang dapat menjadi pilihan wisata Anda di Lampung Timur adalah keindahan hutang mangrove. Danau hijau yang memiliki banyak fungsi ini mampu menawarkan sensasi berbeda bagi perjalanan wisata Anda.

Perpaduan indah antara hijaunya hutan mangrove dan kehidupan nelayan setempat merupakan dua hal menarik yang dapat Anda temui di tempat ini. Sebenarnya banyak tempat bagi Anda yang ingin menjelajah mangrove di Lampung Timur. Namun, salah satu yang terindah adalah di Desa Purwarejo yang merupakan bagian dari Kecamatan Pasir Sakti.

9. Islamic Center Lampung Timur

Sumber : tentangwebsites.blogspot.co.id
Islamic center Lampung Timur merupakan kompleks peribadatan kebanggan masyarakat Lampung Timur. Di tempat ini Anda akan melihat keindahan masjid Agung Ar-Rahman yang berdiri kokoh dengan arsitektur yang memukau. 

Islamic Center yang terletak di kota Sukadana ini merupakan salah satu icon yang cocok Anda singgahi. Di tempat ini Anda dapat beribadah dengan tenang dan berfoto dengan masjid yang begitu indah.

10. Suaka Rhino Sumatera



sumber : Aktual.com
Di Lampung Timur ada satu tempat yang sulit Anda temui di daerah lainnya. Tempat tersebut tak lain adalah Suaka Rhino Sumatera. Tempat ini merupakan tempat pengembangbiakan hewan langka Badak Sumatera.

Tempat ini masih berada dalam kawasan Taman Nasional Way Kambas. Berada di tempat ini merupakan suatu anugerah yang patut Anda syukuri. Karena di zaman sekarang ini sangat sulit rasanya untuk menemui badak Sumatera yang jumlahnya hampir punah.

Demikian tempat pilihan yang bisa Anda kunjungi di Lampung Timur. Semoga semua informasi bermanfaat. Tetap jaga kelestarian dan keindahan alam Indonesia ya guys. Baca juga 12 Tempat Wisata di Liwa Lampung Barat yang Paling Menarik Dikunjungi.

Post a Comment for "10 Tempat Wisata di Lampung Timur yang Paling Menarik Dikunjungi"

Berlangganan via Email